Antisipasi 2019-nCoV, Solsel Bentuk TGC

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman

Antisipasi 2019-nCoV, Solsel Bentuk TGC

SemangatNews, Solsel – Pemkab Solok Selatan (Solsel) membentuk Tim Gerak Cepat (TGC) sebagai langkah antisipasi penyebaran 2019 Novel coronavirus (2019-nCoV) di daerah itu. Tim ini ditugaskan khusus mendata dan melaporkan penyakit masyarakat yang sesuai dengan gejala pasien terpapar virus tersebut.

“Tim ini baru kita bentuk dan sudah di SK kan. Ditugaskan untuk mendata pasien-pasien yang memiliki penyakit sama dengan gejala penderita yang terserang virus Corona. Mereka akan kita kirim ke Rumah Sakit, Puskesmas dan Poskedes yang ada di daerah ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Novirman, Selasa (11/2 / 2020 )

Baca Juga:  Sosialisasi 4 Pilar, Dewi Aryani : Kader Harus Pancasilais

Hasil pendataan terhadap kasus-kasus dugaan yang dilakukan TGC itu sambung Kadis, wajib dilaporkan sekali seminggu. Selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh petugas medis. Penderita penyakit yang sesuai dengan gejala yang ditunjukkan pasien corona akan diperiksa lebih lanjut guna memastikannya.

Dijelaskannya, virus corona merupakan jenis baru dari coronavirus yang dapat dapat menular ke manusia. Virus ini menyerang sistem pernapasan. Menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun bisa juga menimbulkan infeksi pernapasan berat seperti pneumonia akut hingga kematian.

Baca Juga:  Dr.Zaim Rais: Bayarlah Zakat Fitra Lebih Awal Agar Bermanfaat bagi Penerima

Secara umum kata Kadis, ada tiga gejala yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus corona. Yakni, demam, batuk dan sesak napas. Berdasarkan penelitian, gejala infeksi virus Corona muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah paparan virus Corona.