Antisipasi Degradasi Lahan, RHL Diimplementasikan Dishut Sumbar di Panti Selatan

oleh -

Antisipasi Degradasi Lahan,
RHL Diimplementasikan Dishut Sumbar di Panti Selatan

SEMANGATNEWS.COM– Penanaman RHL (Rehabilitasi Hutan Lindung) P-0 di Panti Selatan Kecamatan Panti, Pasaman Sumatera Barat telah dimulai. Masyarakat cukup terbantu dalam pemulihan ekonomi dimasa pandemi maupun pasca pandemi covid-19.

Pada akhir pekan lalu, tepatnya Jumat hingga Sabtu (26-27/3/2021), monitoring kegiatan RHL di Pasaman Sumatera Barat dihadiri Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Komunikasi Digital dan Media Sosial Dr. Afni Zulkifli.

Baca Juga:  Bantu Korban Banjir di Rahul Tapan, Dinsos P3A Drop Beras 10 Ton, BPBD Dirikan Dapur Umum

Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi, Senin (29/3) kepada media ini mengatakan salah satu masalah yang masih dihadapi di Indonesia saat ini adalah degradasi lahan. Pemerintah memberlakukan program rehabilitasi hutan dan lahan sebagai upaya untuk memperbaiki dan mengembalikan fungsi dan produktivitas lahan yang mengalami kerusakan.

Sementara itu, jajaran Kementerian LHK termasuk Dinas Kehutanan serta lembaga lainnya harus menelan pil pahit. Meski sudah banyak yang diperbuat, namun tidak terpublikasikan, sehingga masyarakat menganggap tidak bekerja.

Baca Juga:  Bupati Tanah Datar: Tantangan Kedepan Semakin Berat Harus Waspada Termasuk MUI

‘Itulah sekelumit kalimat yang saya tangkap ketika berbincang dengan Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Komunikasi Digital dan Media Sosial Dr. Afni Zulkifli saat monitoring kegiatan RHL di Pasaman Sumatera Barat, beberapa hari yang lalu,” papar Yozarwardi sembari mengatakan dirinya saat ke lokasi penanaman RHL P-0 di Panti Selatan Kecamatan Panti, juga bersama Kepala KPHL Pasaman Raya dan Plt. Kepala BPDASHL Indragiri Rokan.