AP2I Provinsi Sumbar Dikukuhkan, Dra. Siti Latifah FRS, M.Si Terpilih Sebagai Ketua Pelaksana Harian

oleh -

AP2I Provinsi Sumbar Dikukuhkan,
Dra. Siti Latifah FRS, M.Si Terpilih Sebagai Ketua Pelaksana Harian

Semangatnews, Padang – Meningkatkan kualitas dan produktivitas para perencana, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat, menggelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Perencana (JFP), sekaligus pengukuhan pengurus Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I) Komisariat Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2022 di Auditorium gubernuran, Senin (16/9/2019).

Sesuai Surat Keputusan Ketua Umum Pengurus Nasional Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia (AP2I) nomor : 053/SK/Ketum/PN-AP2I/09/2019 tentang Susunan Pengurus Asosiasi Perencana Pemerintah Indonesia Komisariat Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2022, resmi dikukuhkan oleh Ketua Umum Dr. Ir. Suprayoga Hadi, MSP.

Acara tersebut disaksikan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kepala Bappeda Sumbar Hansastri dan pimpinan OPD dilingkungan Pemprov Sumbar serta diikuti seluruh fungsional perencana yang ada di kabupaten dan Kota Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan, pentingnya peran perencana dalam proses perencanaan pembangunan suatu daerah, memberikan ide-ide untuk merumuskan rekomendasi strategis kebijakan dan program serta memantau dan mengevaluasi kegiatan.

Gubernur Sumbar berharap dengan hadirnya AP2I dapat menjadi pionir dalam pengembangan profesi perencana pemerintah yang unggul dan berkualitas.

“Untuk itu, perlu peran dari instansi kerja perencanaan adalah melakukan fungsi ‘think thank’ sebagai pengkajian dan perumusan kebijakan di bidang perencanaan pembangunan,” ungkap Gubernur Sumbar saat membuka pengukuhan pengurus AP2I Komisariat Sumbar.

Selanjutnya Gubernur juga mengatakan bahwa, untuk mewujudkan organisasi perencana pemerintah yang profesional harus mampu membangun kapasitas dan kompetensi perencana pemerintah dalam mendukung tugas dan fungsi perencanaan pembangunan di instansi pusat dan daerah.

“Karena para perencana dapat berkontribusi menjabarkan visi dan misi pemerintah pusat ke dalam RPJMN atau pemerintah daerah ke dalam RPJMD dengan selalu berkoordinasi, supaya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan secara nasional,” kata Irwan Prayitno.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Nasional AP2I, Dr. Ir. Suprayoga Hadi, MSP menyampaikan, pembinaan profesi perencana ke depan akan difokuskan pada upaya pengarusutamaan jabatan fungsional perencana agar para perencana menjadi jabatan fungsional yang dibanggakan dan diperhitungkan dalam mendukung tugas dan fungsi perencanaan baik di pusat maupun daerah.

Dengan melihat pentingnya peran perencaan dalam pembangunan, maka upaya-upaya yang berkesinambungan untuk selalu meningkatkan kualitas dan produktivitas perencana menjadi suatu keharusan.

“Jabatan Fungsional Perencana sebagai Goverment Planner dan Development Think Tank Bappenas atau Bappeda bisa melakukan kerjasama dengan semua instansi pemerintahan, perguruan tinggi, organisasi profesi berdasarkan research,” jelasnya.

“Dalam menunjang peningkatan peran perencana serta mendorong profesionalisme, maka perlu dilaksanakan sosilalisasi dan pengukuhan AP2I bagi perencana di tingkat daerah dan seluruh OPD,” tegasnya.

Selain itu Suprayoga Hadi mengucapkan selamat kepada Dra. Siti Latifah FRS, M.Si sebagai ketua pelaksana harian AP2I Komisariat Sumbar periode 2019-2022
Sumbar beserta jajarannya yang baru saja dilantik. Semoga AP2I Komisariat Sumbar semakin berkiprah dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas para perencana di Sumbar dan mampu mendorong terbangunnya hubungan kerja yang harmonis, serta mampu mendorong tingkat popularitas para perencana.
#nov
#humassumbar