Apa Benar Bank Digital Lebih baik Dari Bank Konvensional? Ini Perbedaannya

by -
Bank Digital dan Bank Konvensional
Apa Benar Bank Digital Lebih baik Dari Bank Konvensional?

SEMANGATNEWS.COM – Transformasi layanan perbankan berbasis digital melalui bank digital, menjadi santapan informasi baru bagi masyarakat. Berbagai kemudahan bertransaksi ditawarkan oleh platform bank berbasis digital ini.

Sebenarnya apa saja kelebihan serta perbedaan bank digital dengan bank konvensional?

Kalau dilihat dari jasa dan layanan yang ditawarkan keduanya bank ini tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama menawarkan jasa perbankan, seperti deposit, melakukan penarikan, transfer, melakukan pinjaman, dan sebagainya.

Perbedaan mendasar antara bank digital dan konvensional terletak di wujudnya. Artinya kalau bank konvensional platformnya lebih ke fisik dan bank digital kebalikannya non fisik atau digital.

Fisik yang dimaksudkan disini adalah bank digital tidak harus memiliki cabang fisik sebagaimana bank konvensional. Mereka berekspansi melalui teknologi. Dengan begitu, jangkauan layanan jauh lebih inklusif dibanding perbankan konvensional.

Secara umum ada 3 poin mendasar yang membedakan bank digital dengan bank konvensional, yaitu:

Fleksibilitas

Fleksibilitas disini berarti keleluasaan nasabah dalam mengakses layanan, dari sisi waktu,

Bank Digital

Nasabah bank digital lebih hemat waktu untuk untuk melakukan transaksi,terlebih mereka tidak perlu terpatok pada jam operasional bank konvensional. Nasabah juga bisa mengakses transaksi di mana saja dan kapan saja, tidak perlu datang ke bank dan mengantri. Dan nasabah juga tidak harus bertatap muka dengan customer service atau teller cukup dengan smart phone semua layanan sudah bisa di akses dan tidak memakanbanyak waktu.

Bank Konvensional

Nasabah bank konvensional tidak bisa mengakses layanan dengan leluasa, harus datang ke kantor cabang bank dengan mempertimbangkan jam kerja dari bank tersebut. Belum lagi banyak waktu yang di habiskan dengan menunggu antrian untuk sekedar bertatap muka dengan customer service atau teller.

Keamanan

Bank Digital

Pada bank digital masalah keamanan masih menjadi pekerjaan rumah untuk bank digital. karena rentan terhadap ancaman serangan siber. Tentu kedepannya seiring perkembangan teknologi hal ini akan segera teratasi.

Bank konvensional

Bank konvensional memiliki sistem keamanan secara fisik, sehingga kemungkinan besar sudah terjamin dengan adanya petugas keamanan. Meskipun, serangan elektronik atau kesalahan manusia dari petugas, masih tetap bisa terjadi.

Kendati demikian, ancaman keamanan siber di bank konvensional tidak sebesar bank digital.

Kontrol Keuangan

Bank Digital

Nasabah bank digital bisa mengontrol uang mereka dari mana saja tanpa harus melapor ke bank. Semua pengaturan bisa dikontrol langsung lewat aplikasi bank digital tanpa harus datang ke kantor bank atau lewat telepon call center, sehingga memudahkan dalam bertransaksi.

Bank konvensional

Nasabah bank konvensional yang beraktivitas secara mobile terutama yang sering bepergian ke luar negeri biasanya mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi. Mereka harus melapor dulu ke pihak bank bahwa mereka akan berada di luar negeri dan melakukan transaksi, hal ini yang sangat merepotkan.

Mau menggunakan bank konvensional atau bank digital tergantung kita sebagai nasabah mana dari bank ini yang memberikan pelayanan terbaik yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.