Aplikasi BAJOJO Inovasi Sumbar untuk Konsumen, Gubernur IP Ajak Pelaku Usaha

oleh -
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebagai provinsi terbaik peduli peduli dalam perlindungan konsumen, Kamis (12/11/2020) | Ist/Semangatnews.com
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebagai provinsi terbaik peduli peduli dalam perlindungan konsumen, Kamis (12/11/2020) | Ist/Semangatnews.com

SEMANGATNEWS.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengajak para pelaku usaha untuk memberikan layanan terbaik untuk konsumen, baik di Sumbar maupun di luar provinsi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Irwan Prayitno usai menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, pada acara puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Transmart Cibubur, Kamis (12/11/2020).

Baca Juga:  Pentingnya Penanganan Covid 19, Dua Hari Kerja Pj Gubernur Hamdani Pimpin Rakor Satgas Covid-19 Sumbar

“Pelaku usaha juga bertanggungjawab terhadap perlindungan konsumen ini dengan cara beritikad baik dan jujur dalam berusaha. Tinggal lagi pemanfaatannya oleh masyarakat,” kata Gubernur Sumbar kepada Semangatnews.com, Juma (13/11/2020).

Tidak hanya itu perlu memperkuat kepedulian masyarakat terkait perlindungan konsumen. Pemprov Sumbar melalui Dinas Perdagangan Sumbar melakukan inovasi yang memanfaatkan sistem digital TUAN O (Toko Untuk Jualan Online) untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya dengan memanfaatkan marketpalce atau pasar online.

Baca Juga:  IP-NA Gubernur Teladan, Sekdaprov Alwis Resmi Plh Gubernur Sumatera Barat, Merdunya Lantunan Suara Azan Nasrul Abit

Baca juga: AHASS Hayati Bukittinggi Gelar Gebyar Ganti Oli Honda

Dengan aplikasi BAJOJO.ID sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat Sumbar dalam penyesuaian diri di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Inovasi yang memanfaatkan sistem online sangat bermanfaat sekali, terlebih pada pandemi Covid-19 ada perubahan pola perilaku perdagangan yang kini lebih banyak memanfaatkan sistem elektronik,” ungkap Irwan Prayitno.

Baca Juga:  Rumah Dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Siap di Tempati.

Ia menambahkan perlindungan konsumen menjadi lebih penting lagi karena ada konsumen yang berbelanja secara online. Konsumen tidak bertemu dengan pedagangnya atau bertemu hanya dengan perusahaan pengiriman barang atau ekspedisi.