Aplikasi BAJOJO Inovasi Sumbar untuk Konsumen, Gubernur IP Ajak Pelaku Usaha

by -
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebagai provinsi terbaik peduli peduli dalam perlindungan konsumen, Kamis (12/11/2020) | Ist/Semangatnews.com
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebagai provinsi terbaik peduli peduli dalam perlindungan konsumen, Kamis (12/11/2020) | Ist/Semangatnews.com

SEMANGATNEWS.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengajak para pelaku usaha untuk memberikan layanan terbaik untuk konsumen, baik di Sumbar maupun di luar provinsi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Irwan Prayitno usai menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, pada acara puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 di Transmart Cibubur, Kamis (12/11/2020).

“Pelaku usaha juga bertanggungjawab terhadap perlindungan konsumen ini dengan cara beritikad baik dan jujur dalam berusaha. Tinggal lagi pemanfaatannya oleh masyarakat,” kata Gubernur Sumbar kepada Semangatnews.com, Juma (13/11/2020).

Tidak hanya itu perlu memperkuat kepedulian masyarakat terkait perlindungan konsumen. Pemprov Sumbar melalui Dinas Perdagangan Sumbar melakukan inovasi yang memanfaatkan sistem digital TUAN O (Toko Untuk Jualan Online) untuk memfasilitasi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya dengan memanfaatkan marketpalce atau pasar online.

Baca juga: AHASS Hayati Bukittinggi Gelar Gebyar Ganti Oli Honda

Dengan aplikasi BAJOJO.ID sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat Sumbar dalam penyesuaian diri di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Inovasi yang memanfaatkan sistem online sangat bermanfaat sekali, terlebih pada pandemi Covid-19 ada perubahan pola perilaku perdagangan yang kini lebih banyak memanfaatkan sistem elektronik,” ungkap Irwan Prayitno.

Ia menambahkan perlindungan konsumen menjadi lebih penting lagi karena ada konsumen yang berbelanja secara online. Konsumen tidak bertemu dengan pedagangnya atau bertemu hanya dengan perusahaan pengiriman barang atau ekspedisi.

Termasuk juga di dalamnya pinjaman uang secara online yang sangat banyak oleh lembaga yang illegal atau fintech illegal.

“Karena itu, konsumen harus terus mengasah kecerdasannya agar tidak tertipu oleh tindakan tindakan pelaku usaha yg akan merugikan konsumen,” ucap Irwan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat digancar penghargaan sebagai provinsi terbaik yang peduli dalam perlindungan konsumen. Provinsi lain juga mendapat penghargaan yang sama, seperti Provinsi Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Aceh dan Jawa Timur.

Baca juga: Sumbar Provinsi Terbaik Peduli Perlindungan Konsumen

“Alhamdulillah, Sumbar mendapat penghargaan dalam memberikan perlindungan kepada konsumen,” kata Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno melanjutkan, situasi pandemi Covid-19 era digital begitu gencar dan memiliki peranan penting. Konsumen transaksi dagang secara online melalui aplikasi dan ternyata transaksi digital meningkat.

Perlindungan konsumen ini menjadi sangat penting karena konsumen sangat besar pengaruhnya dalam ekonomi daerah sebesar 50 persen lebih dalam APBD. (thr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.