Asa Garuda Muda Masih Ada di Sea Games

oleh -

Asa Garuda Muda Masih Ada di Sea Games

Semangatnews.com – Payakumbuh – Kekalahan menyakitkan dialami timnas u-23, (Garuda muda) kontra Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Philipina, Minggu (1/12/2019). Gol Nguyen Hoang Duc di menit pertambahan waktu, merubah skor menjadi 2-1. Dan, Vietnam berhak sebagai pemuncak sementara klasemen grup B, Sea Games 2019.

Atas kemenangan itu, Vietnam sukses mengoleksi 9 poin, 3 kali menang tanpa kalah. Sedangkan garuda muda melorot ke posisi 3, dengan perolehan 6 poin. Posisi 2 dinaungi Thailand, juga 6 poin, namun unggul jumlah gol. Sedangkan posisi 4 hingga 6 dihuni oleh Laos, Singapura dan juru kunci Brunai Darussalam.

Perebutan posisi juara dan runner up di grup B cukup alot. Antara tim unggulan saling kejar-kejaran. Dilihat dari jumlah pertandingan, garuda muda masih berpeluang lolos fase grup. Sebab, pertandingan berikutnya Vietnam akan menghadapi Thailand. Lawan cukup berat bagi Vietnam. Thailand, berpotensi dikalahkan Vietnam, atau sebaliknya. Sehingga menguntungkan bagi garuda muda.

Sedangkan garuda muda, di atas kertas menghadapi laga mudah, di dua pertandingan terakhir akan menghadapi Brunai Darussalam dan Laos. Brunai Darussalam merupakan lumbung gol, dibantai Vietnam 6 gol, dan Thailand 7 gol tanpa balas. Berkemungkinan timnas u-23 akan menyamai rekor demikian. Tentunya, mendapatkan tambahan 3 poin.

Seandainya Vietnam menang kontra Singapura pada tanggal 3 Desember nanti, maka Vietnam mengoleksi 12 poin. Dan, manakala Thailand menang melawan Laos di hari yang sama, maka Thailand berhasil mengumpulkan 9 poin. Perolehan poin Thailand kembali sama dengan garuda muda. Laga selanjutnya akan menjadi penentu. Siapa yang berhak menuju putaran final.

Laga terakhir, Thailand akan bersua Vietnam, berlangsung Kamis, 5 Desember 2019. Ini, merupakan laga penentu. Partai hidup mati, sebab jika Thailand menang, maka perolehan poin akan sama banyak, yakni sama-sama 12. Jelas, Vietnam tidak mau kalah, juga Thailand tidak menginginkan tersingkir dari ajang setiap dua tahun sekali diselenggarakan di Asia Tenggara. Artinya, pertandingan bakal seru.

Sedangkan Indonesia bertemu Laos. Garuda muda akan bertempur “mati-matian” demi menjaga asa untuk melaju menggapai medali emas. Diprediksi, timnas garuda muda akan mendapatkan tantangan. Sebab, Laos saat ini berada di posisi 4, menang 1 kali dan seri 1 kali. Lawan lumayan berat bagi garuda muda. Tapi, prediksi penulis garuda muda akan menang. Demi mendapatkan 12 poin menyamakan rekor dengan Thailand dan Vietnam.

Seandainya prediksi atau skenario di atas terwujud, maka Vietnam, Thailand dan Indonesia sama-sama mengoleksi 12 poin. Selisih gol akan menjadi penentu siapa yang berhak lolos di grup B. Untuk itu, tidak ada pilihan lain bagi timnas garuda muda, selain menyarangkan sikulit bundar sebanyak-banyaknya ke gawang Brunai Darussalam dan Laos. Atau berharap, Thailand dikalahkan oleh Vietnam, agar Thailand hanya mendulang 9 poin saja. Dan, garuda muda mendampingi Vietnam sebagai runner up.