Asisten 1 Pemkab Dharmasraya Fasilitasi Pertemuan Baznas Dengan OPD Terkait ZIS

by -

SEMANGATNEWS.COM, DHRMASRAYA – Asisten 1 bidang Pemerintahan Pemkab Dharmasraya, M.Yusuf, SH fasilitasi pertemuan Baznas bersama OPD di lingkungan Pemerintahan Daerah terkait optimalisasi penerimaan Zakat, Infak Sedekah (ZIS) Oleh Baznas. Pertemuan yang berlangsung di ruang Asisten 1 kantor Bupati setempat, Rabu (15/6) diikuti oleh perwakilan Dinas Pendidikan, Korwil SMA/SMK wilayah V, Dinas Penanaman Modal, Kabag Kesra dan Baznas.

Dalam kesempatan itu, M.Yusuf yang didampingi Kabag Kesra H.Syarbaini Can dan Kabid Kesra Muhanif, S.Ag menyampaikan, diharap OPD terkait khusus Disdik untuk dapat menindaklanjuti himbauan Bupati No.451/463/Kesra-2022 tentang Optimalisasi Zakat, Infak Sedekah di Satuan Pendidikan, yang selanjutnya diserahkan dan dikelola oleh Baznas.

Regulasi yang memayungi mengenai pengumpulan, pengelolaan ZIS baik Undang-Undang, PP maupun Perda dan Perbub yang mengatur hal itu dipandang sudah cukup. Tinggal bagaimana OPD menyikapi.

“Atas nama Bupati kita berharap masing-masing OPD, khusus Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal terkait dengan perusahaan untuk dapat menindaklanjuti himbauan Bupati. Regulasi yang mengatur itu dipandang sudah cukup, kini hanya tinggal kemauan,” sebut M.Yusuf.

Lanjut M.Yusuf, berharap untuk dapat kiranya, terutama Dinas pendidikan membicarakan himbauan Bupati ini sesegera mungkin di tingkat internal.

Sisi lain Kabag Kesra H.Syarbaini Can menyebutkan siap sedia memfasilitasi apapun yang menjadi kebutuhan Baznas. Sepanjang untuk peningkatan penerimaan zakat, infak Sedekah demi membantu warga kita yang kurang mampu dan program lainnya.

Ketua Baznas Dharmasraya, Z.Lubis yang didampingi Wakil Ketua bidang Pengumpulan Ridwan Syarif dan Ardios, bidang Umum dan SDM mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah terhadap Baznas selama ini.

“Tanpa dukungan bapak, ibuk saudara semua, Baznas tidak mampu melakukan apa-apa. Kendati zakat ASN sudah dipungut, tapi itu belum cukup untuk menutupi kekurangan biaya operasional dan rencana kerja Baznas tahun 2022 ini,” Sebut Z.Lubis.(rsy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.