Bangkit dari Pandemi, DPP Bantu Peningkatan Ekonomi Petani

by -

SEMANGATNEWS.COM – Guna membantu meningkatkan ekonomi petani di Padang Panjang, Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) telah menyalurkan beberapa bantuan melalui APBN pada tahun 2021. Seperti alat dan mesin pertanian (alsintan), perbaikan jaringan irigasi, pupuk bersubsidi dan sebagainya.

“Rata-rata puluhan petani yang mendapatkan bantuan alsintan ini,” kata Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan DPP, Fitriadi M, S.Pt kepada Kominfo, Selasa (7/9).

Kendati refocusing anggaran,sebutnya, kegiatannya tetap berjalan dikarenakan adanya kegiatan untuk Padang Panjang yang dananya bersumber dari APBD Provinsi Sumbar dan APBN.

“Dimasa pandemi ini, ekonomi masyarakat merosot begitu juga dengan petani. Namun dengan kondisi apapun, sektor pertanian harus tetap diutamakan. Sebab sama diketahui saat ini hasil dari sektor pertanian ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat, sehingga pada kondisi apapun tetap dicari konsumen,” ulasnya.

Terkait dengan pemberdayaan ekonomi, tambahnya, DPP juga mengupayakan beberapa program padat karya. Di 2021 ini, salah satu program padat karya adalah rehabilitasi jaringan irigasi tersier pada dua kelompok tani (keltan) yang kegiatan fisiknya langsung dilaksanakan keltan tersebut yaitu di Kelurahan Ganting dan Ngalau.

Selain itu DPP juga mengupayakan fluktuasi harga komoditi pertanian tidak terlalu signifikan. Untuk beberapa komoditi ada yang naik dan ada yang turun, tergantung suplai produksi petani dan permintaan konsumen.

“Sejak adanya pembatasan kegiatan pada masa PPKM, berpengaruh pada fluktuasi harga komoditi pertanian saat ini,” ucapnya. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.