Batang Aie Sitalang Meluap Lagi Porakporandakan Sawah Penduduk di Ampek Nagari

by -

Batang Aie Sitalang Meluap Lagi Porakporandakan Sawah Penduduk di Ampek Nagari

Semangatnews, Ampek Nagari – Batang Aie Sitalang, di kecamatan Ampek Nagari, Agam, Sumatera Barat kembali meluap, Kamis 19/03 sekitar pukul 13.00 Wib.

Tingginya curah hujan dari hulu batang Aie Sitalang membuat badan sungai tak mampu menampung, sehingga memporakporandakan daerah aliran sungai dan sebagian rumah dan sawah penduduk.
Selain banjir, juga terdapat beberapa titik tanah longsor pada ruas jalan di wilayah tersebut.

Dari sejumlah informasi tidak ada korban jiwa dan kerugian belum dihitung pihak terkait.
Pusdalops penanggulangan bencana BPBD Agam, menyebutkan bahwa sedang dilakukan evakuasi penyelamatan masyarakat sekitar yang terdampak banjir bandang.
Kecuali itu juga penyelamatan objek vital dan pemindahan barang-barang dimasing-masing rumah yang terdampak.

Kabid kedaruratan dan logostik Syafrizal bersama kepala seksi Ismar Budi Septa,
menghimbau masyarakat setempat untuk menjauhi lokasi yang terdampak banjir bandang dan terlihat sulitnya mobilisasi untuk evakuasi,” ujarnya.

Saat ini tim BPBD Agam bersama Rescue Pol PP Damkar Agam telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, Camat dan Nagari dan langsung melakukan penanganan, pendataan serta asesment.
Selain banjir bandang juga terjadi tanah longsor di Jorong Tamtaman Nagari Tigo Koto Silungkang Kecamatan Palembayan, mengakibatkan badan jalan tertimbun tanah, dan hanya bisa di lewati kendaraan roda dua.
Saat ini pemerintah Nagari Tigo Koto Silungkang di Jorong Tantaman sedang berupaya melakukan pembersihan bersama anggota KSB Tigo Koto Silungkang.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.