Baznas Dharmasraya Lakukan Rakor dengan Da’i

oleh -

Baznas Dharmasraya Lakukan Rakor dengan Da’i

Semangatnews – Dharmasraya – Menghadapi pola kehidupan baru pasca mewabahnya pandemi Covid 19, Baznas kabupaten Dharmasraya undang seluruh Da’i Baznas Nagari se kabupaten Dharmasraya untuk lakukan Rapat Koordinasi membica-rakan mekanisme kerja lapangan khusus dalam hal melakukan survey permohonan bagi calon mustahiq.

Pandemi Covid menyisakan beban ekonomi yang berat. Terutama masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, apalagi mempunyai tanggungan anak yang sedang sekolah maupun kuliah.

Mesti diakui, rasa takut akan terpapar virus Corona menyebabkan orang membatasi ruang gerak dan usaha. Keadaan semakin diperburuk lagi, ketika harga komoditi sebagai sumber pemasukan turun, biaya hidup dan pendidikan anak tetap dipenuhi. Kendati adanya bantuan langsung tunai dari pemerintah, belum berdampak terhadap perbaikan ekonomi masyarakat.

Ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang mengajukan permohonan ke Baznas untuk berbagai keperluan.

“Corona berdampak luar biasa terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat, daya beli menurun tajam, kebutuhan meningkat, ini fakta lapangan,” ujar Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas kabupaten Dharmasraya,” Ridwan Syarif di sela-sela pertemuan dengan seluruh Da’i Baznas se Dharmasraya, Senin(29/6)di Sikabau, Dharmasraya.

Di sisi lain beliau juga menyebutkan, setiap permohonan yang masuk ke Baznas wajib di survey, untuk menentukan kelayakan, dengan harapan bantuan tepat sasaran. Banyak komplain di lapangan.
“Oleh karenanya dimohon kepada kita semua untuk betul-betul melakukan survey dengan penuh teliti, konfrehensif,

tidak asal centang, lihat dari berbagai aspek. Nah..,baru kemudian diputuskan kalau yang bersangkutan layak atau tidak untuk menerima bantuan zakat,” harapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, ketua Baznas kabupaten Dharmasraya, H.A.Gani, SH.MM, beliau meminta kepada seluruh Da’i Baznas, di samping melakukan survey atas kelayakan seseorang menerima bantuan zakat, sebagaimana beban tanggung jawab yang diberikan bidang, mohon kiranya Da’i juga menyampaikan kepada masyarakat, jamaah mesjid maupun mushalla tentang anjuran dan ajakan berzakat ke Baznas.