Baznas Salurkan Empat Program Zakat kepada 136 Mustahiq

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang Panjang mendistribusikan zakat tahap III kepada 136 mustahiq (penerima zakat) melalui empat program yang diserahkan secara simbolis oleh walikota diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dr. Desmon, M.Pd, Kamis (18/3) di Masjid Tauhid, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Berdasarkan data Baznas, empat program ini senilai Rp. 287.725.500. Rinciannya, program Padang Panjang Makmur sebesar Rp. 200.400.000 dibagikan kepada 88 mustahiq. Lalu program Padang Panjang Cerdas Rp. 64.300.000 kepada 36 mustahiq. Padang Panjang Sehat Rp. 18.025.500 untuk 8 mustahiq, dan Padang Panjang Peduli Rp. 5.000.000 bagi 4 mustahiq.

Baca Juga:  Susuri Sungai Citanduy, Kodim 0613/Ciamis Ajak Kepedulian Warga Terhadap Lingkungan

Desmon menyampaikan apresiasi kepada BAZNAS dan mengajak penerima zakat menggunakan sesuai dengan yang disyariatkan, bukan untuk hal yang tidak bermanfaat.

“Mari berusaha sekuat mungkin memanfaatkan zakat. Mudah-mudahan tahun depan para mustahiq berstatus menjadi orang yang sejahtera, mengeluarkan sebagian haknya kepada orang lain,” katanya.

Pemko dan Baznas, kata Desmon, akan terus bergandengan. Terkait Program Padang Panjang Cerdas, menurut Desmon, penting karena pendidikan akan memutus kemiskinan dan mengangkat harkat martabat manusia. “Jaga daya juang kita, sempurnakan niat yang baik untuk mengubah nasib. karena nasib kita, kita sendiri yang bisa mengubahnya. Ini janji Allah,” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati Sutan Riska Sebut Dana Nagari 2021 Prioriyas Untuk Covid-19 dan SDGs

Ketua Baznas Syamsuarni, S.Ag menyampaikan, pada Februari lalu, pihaknya sudah menyalurkan zakat kepada 114 mustahiq. Di bulan yang sama juga disalurkan kepada 54 mustahiq Program Padang Panjang Cerdas. “Zakat hari ini merupakan tahap ke-3,” katanya.