Bendahara BumNag dan Bumdes Harus Mahir Laptop

oleh -

Bendahara BumNag dan Bumdes Harus Mahir Laptop

Semangatnews, Padang – Ratusan bendahara dan sekretaris BumNag dan Bumdes di Sumateta Barat mengikuti pelatihan Sistem Informasi Akuntansi-SIA yang diselenggarakan Dinas PMD Sumbar bekerjasama dengan BPKP perwakilan Sumbar.
Kegiatan dibuka tadi malam oleh Kepala Dinas PMD Sumbar Drs Syafrizal Ucok berlangsung sampai Rabu besok 18/09 di Basko Hotel Padang.

Pagi ini peserta akan diajarkan cara membuat aplikasi pelaporan yang dipandu tim dari BPKP. Tak ayal, sejak pagi ratusan lap top atau note book telah terpajang di meja peserta sebagaimana setiap peserta diharuskan membawa alat ini.

Gusfen Khairul salah seorang peserta juga tak lupa membawa Lap top, begitu juga Rusdi Bais. Dua nama diatas adalah utusan istimewa dari PWI Sumbar yang sangat antusias mengikuti pelatihan ini.
Hanya saja khusus utusan PWI, tak perlu membawa laptop, sebut Syafrizal, tatkala membuka acara ini tadi malam.

Kedepan, sebut Syafrizal, bagaimana Bumdes dan BumNag menjadi pilar kegiatan ekonomi di nagari atau desa. Ia harus berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. Bumdes sebagai lenbaga sosial sudah semestinya berpihak kepada kepentingan masyarakat lewat kontribusi penyediaan pelayanan sosial.

Dikatakan, kendala besar selama ini secara nasional adalah belum adanya acuan baku tentang sistem keuangan dan pelaporannya.
Sehingga Sumbar membuat terobosan yang bekerjasama dengan BPKP mengadakan pelatihan SIA yang diharapkan dapat membantu bendaharawan dalam membuat laporan.

Berdasarkan kabupaten dan kota, peserta berasal dari 50 Kota sebanyak 38 orang, Pasaman 14, Dharmasraya 28, Solok Selatan 12, Pasaman Barat 10, Sawahlunto 18 dan Pariaman Kota 12.