Bersama TMKK mendukung pelaksanaan percepatan pembangunan dan Keluarga Berencana.

0

Semangatnews, Pantai Kata, Pariaman – Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pembinaan kesehatan dan program TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) yang mendukung terlaksananya percepatan pembangunan dan Keluarga Berencana (KB).

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dalam sambutannya, pada acara TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) bersama BKKBN yang bertema “Untuk mencapai cakupan kesehatan semesta kita tingkatkan akses dan kualitas pelayanan KB kesehatan di seluruh wilayah NKRI” bertempat di Pantai Kata Kota Pariaman, Sumbar, Senin (4/3/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Aster Panglima TNI Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit (mewakili Panglima TNI), Sekretaris Utama BKKBN H. Nofrijal, SP, MA, perwira tinggi TNI Korem dan Dandim se Indonesia, Bupati Padang Pariaman Ali Mukni, Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

Dalam sambutan singkatnya Gubernur menyampaikan, melalui kegiatan pencanangan TMKK tingkat nasional 2019 di Kota Pariaman, kita sukseskan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga yang berkualitas.

“Supaya seluruh lapisan masyarakat hingga puncak pelosok desa dapatkan dan dapatkan penyuluhan terbaik di bidang KB dan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional,” kata gubernur.

“Dengan pencanangan TMKK ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi bagi ibu-ibu hamil dapat pelayanan untuk mengurangi kematian ibu hamil dan anak dikarenakan kurang gizi,” ujar Irwan Prayitno.

Gubernur juga menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran TNI sampai dengan lini bawah atas dukungan dan kerja samanya untuk mensukseskan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), melalui kegiatan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan.

“Dengan kegiatan ini bisa menyentuh penduduk yang tinggal di wilayah miskin, padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan, terpencil, pesisir, kumuh, dan kesertaa ber-KBnya masih rendah,” harapnya.

Selanjutnya Sekretaris Utama BKKBN H. Nofrijal, SP menyampaikan, tujuan diadakannya program ini adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat, jaringan sosial budaya maupun institusi masyarakat perkotaan dalam mewujudkan kegiatan yang berkualitas, meningkatkan cakupan dan capaian program KB dan kesehatan di semua bidang, melembagaan dan membudayakan keluarga kecil dan bahagia sejahtera dalam konteks pembangunan.

“Melalui bhakti sosial TNI KB, kita sukseskan program KKBPK dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang masyarakat sehat tahun 2019,” kata Nofrijal.

“Dengan mewujudkan keterpaduan pelaksanaan program KB kesehatan dapat meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Daerah dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, bersama program meningkatkan upaya penggerakan masyarakat berupa penyuluhan, konseling, dan pendampingan calon akseptor KB serta meningkatnya jumlah capaian pelayanan KB di masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Aster Panglima TNI Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit yang membacakan sambutan dari Panglima TNI, menyampaikan program TMKK ini merupakan salah satu bentuk upaya mendorong dan memotivasi masyarakat dalam ber KB untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat, berkualitas dan tangguh.

Tantangan terberat dalam menyelesaikan masalah kependudukan saat ini adalah belum tercapainya keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan. Gerakan Keluarga Berencana (KB) harus bisa diterima oleh seluruh kalangan masyarakat.

“Untuk itu perlu kerjasama dengan yang sinergis dengan Kementerian dan daerah dalam mengimplementasikan Program KB harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat,” pesan Panglima TNI.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi TNI dan BKKBN serta mitra kerja lainnya untuk membangun kependudukan Indonesia agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia untuk menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

Dalam kesempatan yang sama Panglima TNI menyampaikan penghargaan terhadap Komitmen TNI yang terus mendukung program Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan sekaligus memberikan apresiasi terhadap BKKBN dan daerah yang telah mendukung acara ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan gendang oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Mayjen TNI George Elnadus Supit, Nofrijal, Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Danlantamal Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukni, tanda dibukanya secara resmi acara TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) di Pariaman. (nov)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.