Bertekad Tingkatkan Layanan, Kominfo Kota Padang Panjang Luncurkan Aplikasi Survei KLIP

by -

Bertekad Tingkatkan Layanan, Kominfo Kota Padang Panjang Luncurkan Aplikasi Survei KLIP

Semangatnews, Padang Panjang – Dalam era keterbukaan informasi publik, partisipasi masyarakat dalam penyebaran informasi publik merupakan hal penting. Untuk mendorong keterlibatan masyarakat ini, tanggapan dan respon masyarakat terhadap suatu layanan menjadi tolok ukur dalam peningkatan kualitas layanan oleh OPD terkait.

Dinas Kominfo Kota Padang Panjang dengan ragam layanan seperti Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID), Kehumasan, Publikasi dan Penyebaran Informasi, ketersediaan jaringan Metronet, Layanan Command Centre, Data dan Statistik, Pengaduan 112, dan Layanan E Government dan Teknologi Informatika lainnya, berharap adanya penilaian dari masyarakat dan pengguna layanan.

Untuk hal tersebut, Dinas Kominfo Kota Padang Panjang meluncurkan aplikasi berbasis web yang berisi Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Informasi dan Komunikasi Publik di Kota Padang Panjang, Sabtu, 22/8.

Tujuan dari aplikasi web tersebut diluncurkan adalah untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan terkait informasi, sekaligus sebagai wadah bagi masyarakat dalam memberikan penilaian terhadap Kominfo Kota Padang Panjang.

Melalui aplikasi ini masyarakat kota padang panjang dapat memberikan penilaian terhadap pemerintah.

Dengan adanya web survey kepuasan layanan informasi publik ini masyarakat bisa memberikan penilaian terhadap kinerja kominfo kota padang panjang.

Survei kepuasan layanan informasi publik

Dinas Komunikasi dan Informatika Padang Panjang mempunyai banyak bidang untuk pelayanan masyarakat, diantaranya adalah :
1. PPID
2. Kehumasan
3. Publikasi
4. Jaringan metronet
5. Coment Centre
6. Data dan Statistika
7. Pengaduan 112
8. Dan layanan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)

” Saat sekarang ini masyarakat akan bisa melihat dengan jelas apa saja yang dilakukan pemerintah dan juga masyarakat dapat menilai itu sendiri,” ungkap Ampera Salim, Kadis Kominfo Kota Padang Panjang.

Maka dari kehadiran aplikasi Survei Kepuasan Layanan Informasi Publik ini adalah kuisioner pendapat yang bisa diisi oleh masyarakat.

Untuk mengakses nya cukup melalui tautan di https://klip.padangpanjang.go.id.

Dengan adanya aplikasi ini statistik tingkat kepuasan layanan Komunikasi dan Informatika Padang Panjang kini dapat terukur dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat atau publik.

“Aplikasi ini dibuat sesuai dengan UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik survei pelayanan. Dan tujuan dibuatnya untuk melayani masyarakat tentunya, kemudian untuk melihat puas atau tidaknya masyarakat terhadap kinerja kita. Juga menjadi tolak ukur bagi kita di Dinas Kominfo ini untuk melihat diterima atau tidaknya apa yang kami berikan kepada masyarakat,” tambah Ampera Salim.

” Dan harapan saya dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa memberikan penilaian terhadap semua bidang yang ada, yang dimana itu menjadi bahan kaca pribadi juga bagi kita, dan untuk tercapainya intensitas dari pekerjaan. Nanti dari penilaian itulah kita lihat hasilnya, yang indeksnya naik akan kami pertahankan untuk lebih baik lagi, dan jika indeks nya menurun akan kami usahakan genjot dan perbaiki,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Panjang ini.

“Kita tidak mempunyai target awal atau semacamnya terhadap aplikasi ini, karena kami serahkan seluas-luasnya kepada masyarakat. Dan juga karena ini adalah awal dari adanya aplikasi ini, maka kami akan memberitahukan masyarakat melalui postingan nantinya di akun instagram, di facebook dan juga di website Kominfo ini yang dapat dipelajari lebih dalam oleh masyarakat,” pungkasnya. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.