BPS Padang Panjang Turunkan Tim Census Night, Khusus Mendata Tunawisma dan OSJ

by -

BPS Padang Panjang Turunkan Tim Census Night, Khusus Mendata Tunawisma dan OSJ

Semangatnews, Padang Panjang – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang Panjang, menurunkan Tim Sensus malam (census night), untuk mendata penduduk Tunawisma dan Orang Sakit Jiwa (OSJ) di Kota Padang Panjang, Selasa, (15/09).

Tim terdiri atas Kepala BPS Kota Padang Panjang, Arius Junaidi, SE, ME beserta jajaran. Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, Drs. Ampera, SH, M.Si. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dra. Maini. Personil keamanan dari Polres Padang Panjang dan Satpol PP Kota Padang Panjang.

Mereka bergerak menelusuri sudut – sudut yang ada di Kota Padang Panjang. Dari jembatan kembar, rest area, bukit tui, terminal Busur, pasar baru, hingga batas kota menuju Tanah Datar.

Beberapa tempat yang ada di daerah itu, biasanya jadi tempat beristirahat orang tunawisma.

“Hal ini dilakukan untuk mendata penduduk, yang tidak mempunyai tempat tinggal. Seperti tunawisma, kemudian juga orang yang mengalami gangguan kejiwaan (orang gila), yang ada di jalanan di Kota Padang Panjang. Bagaimanapun, mereka adalah warga negara Indonesia. Perlu kita data,” kata Kepala BPS Kota Padang Panjang, Arius Junaidi, SE, ME saat dimintai keterangan di sela sela kegiatan sensus night berlangsung.

Disebutkan, perlunya tim turun malam hari, karena orang yang tunawisma, tidak bisa didata, baik melalui sensus online, maupun sensus yang langsung dari rumah ke rumah.

Menurut Arius Junaidi, Census Night (sensus malam), atau sensus date, atau yang disebut juga dengan moment telling ini, merupakan rangkaian dari kegiatan sensus penduduk tahun 2020. Dimana pelaksanaanya, dikhususkan satu malam, yaitu pada malam hari ini Selasa 15 September 2020 dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Dari perjalanan tim, malam ini. Setelah menelusuri beberapa titik yang sudah dipantau sebelumnya, kita mendapatkan dua orang tunawisma yang sedang beristirahat. Kepada mereka langsung kita lakukan pendataan. Ada secara langsung satu orang. Melalui informasi dari orang – orang sekitar satu orang,” katanya.

Atas nama pimpinan BPS Kota Padang Panjang, Arius yang akrab disapa Pak Jon, mengucapkan terima kasih atas koordinasi yang baik dengan berbagai pihak.

“Alhamdulillah. Kegiatan census night yang kita mulai tadi sekitar jam 21: 00 sampai pukul 02: 00 sekarang ini berjalan lancar,“ ungkapnya

Dalam kegiatan ini BPS berkoordinasi dengan Pemko melalui Dinas Kominfo, Dinas Dukcapil, Pol PP dan dengan Polres. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.