BRI Jadi Sponsor Utama Liga 1 Musim 2021/2022, Nama Kompetisi Ikut Berubah

by -

SEMANGATNEWS.COM – Bank Rakyat Indonesia (BRI) resmi menjadi sponsor untuk kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2021/2022 yang dijadwalkan bergulir pada bulan Agustus 2021 ini. Nama kompetisi pun ikut berubah.

Kepastian itu didapat setelah perusahaan perbankan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut diumumkan menjadi sponsor inti oleh Vice President Strategic Media Business Surya Citra Mandiri (SCM) yang merupakan grup dari EMTEK tersebut, Bea Krisnasari.

Dengan demikian, BRI akan menggantikan Shopee yang telah menopang operasional kompetisi.

“Namun, pengumuman resminya baru akan dilangsungkan tanggal 12 Agustus 2021 nanti, saat konferensi pers,” katanya.

Untuk menegaskan nama sponsor, kata Bea, nama kompetisi pun ikut diganti.

“Intinya, titel kompetisi sepak bola tahun ini adalah BRI Liga 1.

Bukan yang pertama

BRI bukan merupakan bank pertama yang rela menggelontorkan kas keuangan mereka untuk menjadi sponsor di olah raga yang sangat populer di tanah air ini.

Sejumlah bank telah terlebih dahulu menjadi sponsor yang juga berguna untuk meningkatkan nilai tawar perusahaan dari si pemberi dana sendiri.

Sebut saja Bank Mandiri. Perusahaan perbankan terbesar milik negara ini telah lebih dahulu mencoba peruntungan dengan menjadi sponsor utama tunggal selama musim 2001 hingga 2005.

Bank ini bisa disebut menjadi pembeda dan penyelamat di saat kompetisi di negeri ini ditimpa krisis.

Pada awal mula menjadi sponsor, Bank Mandiri hanya ditemani perusahaan apparel, Reebook. Sementara untuk pendanaan operasional dan hadiah Liga Indonesia ditanggung sepenuhnya oleh Bank Mandiri.

Selang 10 tahun kemudian, bank asal Qatar dengan nama QNB juga menjadi sponsor utama kompetisi sepak bola Indonesia untuk musim 2015-2017 dengan opsi tambahan kerjasama.

Namun, akibat perseteruan antara PSSI dengan Kemenpora, gelontoran dana besar yang sudah ada di depan mata dari negara penghasil minyak itu pun sirna karena telah menarik diri lebih cepat dari yang diperkirakan seiring dengan dihentikannya kompetisi 2015 oleh PSSI. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.