Buka Latsar CPNS, Gubernur Sumbar Minta ASN Loyal dan Profesional

oleh -

Buka Latsar CPNS, Gubernur Sumbar Minta ASN Loyal dan Profesional

Semangatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S. Psi, M.Sc memberi pembekalan pada acara Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II angkatan I dilingkup Pemerintah Kabupayen Dharmasraya dan Golongan III angkatan XVI dan XVII dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar tahun 2019 di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Kamis (5/9/2019).

Irwan Prayitno mengatakan, Pelatihan Dasar CPNS merupakan salah satu amanah Undang-Undang yang harus dilakukan karena menjadi prasyarat bagi perubahan status dan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Pelatihan ini berguna untuk peningkatan pengetahuan, keahlian dan keterampilan yang cukup agar dapat dijadikan bekal dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di segala bidang sesuai dengan tugas masing-masing.

“Untuk itu pelatihan dasar ini sangat penting diikuti. Diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengikuti dengan serius, bukan hanya sekedar kewajiban untuk memperoleh pengakuan kelulusan CPNS saja,” ucapnya.

Lebih lanjut Gubernur Sumbar juga menyampaikan, Latihan Dasar (Latsar) bagi CPNS ditujukan untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang loyal, memenuhi standar yang ditetapkan lingkungan kerja masing-masing dan memiliki sejumlah karakter, antara lain, disiplin, profesional, dan bersih atau tidak menyimpang.

“Kita berharap para CPNS memiliki tanggungjawab yang akan diemban nanti dapat dikerjakan secara sungguh-sungguh, tuntas, dan tetap berada dalam koridor yang telah ditetapkan oleh aturan,” kata Irwan Prayitno.

Menurutnya pelatihan dasar dilakukan hingga November mendatang dengan jumlah 110 orang sebanyak tiga angkatan yang diperuntukan Dinas Pendidikan, Kesehatan, Perhubungan, serta RS. Achmad Mochtar, RSJ. HB. Saanin, RSUD M. Natsir Solok dan RSUD Pariaman

Sebagai penutup, gubernur mengimbau agar seluruh peserta dapat aktif berpartisipasi selama Latsar berlangsung.

“Saya minta peserta dapat mengikuti semua, baik materi yang menyangkut pengetahuan, keahlian dan sikap sebagaimana di atas, wajib diaktualisasikan di tempat kerja masing masing,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, M. Si melaporkan, bahwa tujuan laksar ini untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter dengan membentuk sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai Pelayan Masyarakat.

Dengan demikian, sambungnya, spirit yang ingin dicapai untuk melaksanakan Iatsar ini, yaitu agar para aparatur sipil negara dapat membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, inovatif, nasionalisme dan kebangsaan.

“Laskar ini juga membangun karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi dalam bidang pekerjaannya ditempatnya masing-masing,” ucapnya.
#nov
#humassumbar