Bupati dan Wakil Bupati 50 Kota Sambut Kunjungan Kerja Menteri PPN/Kepala Bapenas

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja ke BPTUHPT di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, Jumat (09/042021). Kunjungan menteri bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Limapuluh kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri, Kepala BPTUHPT drh. Gigih Tri pambudi, MM.

Agenda utama menteri Suharso ke Kabupaten Limapuluh Kota adalah untuk melihat langsung kondisi BPTUHPT dan proses pembangunan Museum Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang kemudian akan dilanjuti dengan perencanaan penataannya. Suharso Monoarfa mengatakan saat ini Internal Bappenas tengah mencari solusi evektif agar daerah daerah dapat seminim mungkin bergantung pada APBN

Baca Juga:  Wabup Rizki Temui Kaban Geologi Kementerian ESDM, SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Menurutnya banyak sekali sumber pembiayaan yang bisa degerakkan untuk membangun darah seperti menggalang kerja sama dengan pihak swasta melalui mekanisme Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU

“Instrumen dan aturannya ada, metodologinya juga ada, sehingga transfer ke daerah dan dana desa tidak menjadi harapan,” dalam sambutannya di aula pertemuan rumah dinas Bupati Limapuluh Kota.

Baca Juga:  Pemkab Limapuluh Kota Dukung WBK/WBBM Kejari

Terkait (BPTU-HPT) Padang mengatas, Monoarfa mendorong agar daerah yang memiliki peternakan sapi yang telah berkembang bisa memiliki keluaran (output) lain sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi daerah tersebut.

“Setiap daerah kalau sudah berkembang peternakannya yang keluar dari daerah itu harus dalam bentuk daging sehingga ada nilai tambah bagi daerah,” ulas Menteri PPN/Kepala Bappenas itu.