Bupati Irfendi Arbi Resmikan Kantor Wali Nagari Sungai Talang.

oleh -

Semangatnews,Limapuluh Kota-Pemerintah Kenagarian Sungai Talang, Kecamatan Guguak memiliki kantor baru. Melewati lima tahun pembangunan, tempat pelayanan masyarakat itu akhirnya diresmikan Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi.

Peresmian gedung baru yang direncanakan berlantai dua itu ditandai dengan penguntingan pita oleh Ketua TP PKK Monalisa Irfendi Arbi didampingi bupati usai acara pelantikan wali nagari periode 2019-2025 Dian David di halaman kantor wali nagari itu, Senin (7/1). Kemaren.

Bupati Irfendi Arbi usai acara berharap, gedung baru itu tidak hanya sebatas perobahan fisik, namun lebih dari ini juga untuk meningkatkan pelayanan pemerintah nagarinya terhadap masyarakat yang dibarengi dengan peningkatan kinerja.

“Kita berharap bangunan kantor dan fasilitas yang bagus ini tidak hanya buat menimbulkan suasana kerja yang lebih baik, tetapi juga buat memacu peningkatan pelayanan yang lebih prima bagi masyarakat,” tutur Irfendi.

Selain berdampak terhadap pelayanan, Irfendi juga mengharapkan, gedung baru itu mampu meningkatkan kinerja apatur nagari. Sebab, kantor tempat para pegawai nagari ini bekerja sudah bagus ditambah fasilitas, sarana prasarana pendukung yang lebih memadai.

“Jangan sampai, kantor dan fasilitasnya sudah bagus, tetapi kinerjanya biasa-biasa saja,” ingat Irfendi.

Lebih jauh Irfendi meminta semua pihak termasuk masyarakat di Sungai Talang untuk menjaga dan memelihara gedung baru tersebut agar kondisinya terus dalam keadaan baik dalam jangka waktu yang lama.

Sebelumnya mantan Wali Nagari Sungai Talang Mulyadi dan Ketua KAN setempat Mediani Dt. Marajo Nan Elok mengatakan, peresmian kantor baru itu merupakan salahsatu momentum bersejarah bagi Nagari Sungai Talang yang sudah bilangan tahun membangunnya, dan baru awal tahun 2019 ini bisa dimanfaatkan.

Dikatakan, pembangunan kantor berukuran sekitar 10 x 8 meter itu sudah berlangsung sejak tahun 2015 yang menghabiskan dana DAK dan sekitar Rp.600 juta. Rencananya, gedung yang didirikan di atas lokasi kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) tersebut akan dibangun dua lantai.
“Gedung ini sudah kita kerjakan sejak tahun 2015 secara bertahap hingga tahun 2018 lalu. Lantai satu yang sudah selesai dikerjakan ini dimanfaatkan buat kantor wali nagari, sedangkan lantai dua nantinya buat ruang pertemuan dan kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN),” papar Mulyadi.

Dikatakan, selain dibiayai dengan dana DAK, pembangunan gedung baru itu juga disokong swadaya masyarakat yang diperkirakan bernilai sekitar Rp.200 juta.

“Kita membangun gedung baru karena kantor yang ada kurang memadai dan tidak representatif. Karena pembangunannya di atas lokasi kantor KAN lama, maka gedung itu direncanakan di bangun dua tingkat dengan pemanfaatan lantai satu buat kantor wali nagari dan lantai dua untuk kegiatan KAN,” sela Mediani.

Diakui Median, pembangunan kantor nagari ini memang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta peningkatan kualitas penyelenggaraan pembangunan.

“Kita membangun kantor ini memang untuk tujuan meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat,” simpulnya.