Bupati Rusma Yul Anwar Temui Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki Untuk Pengembangan Koperasi dan UMKM Pessel.

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd melakukan pertemuan Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Teten Masduki di ruang kerja Menteri di Kantor Kementerian Koperasi dan UMKM, Jalan Rasuna Said, Jakarta Pusat, Senin (5 /4/ 2021).

Dalam pertemuan ini, Bupati Rusma Yul Anwar menyerahkan rencana program Pemerintah Kabupaten pesisir Selatan untuk pengembangan Koperasi dan UMKM dalam bentuk Pembangunan Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) KUMKM di Pesisir Selatan.

Baca Juga:  Pesan Berantai 43 Warga Akabiluru Positif Covid - 19, Ini Kata Camat

Disamping itu Bupati juga menyampaikan situasi ekonomi yang melanda masyarakat sejak merebaknya covid 19 yang sudah setahun. Hampir semua sektor usaha mengalami kelumpuhan bahkan banyak usaha terutama usaha berbasis UMKM gulung tikar. Masyarakat kesulitan mendapatkan akses pembiayaan modal usaha untuk bisa kembali bangkit dan pulih.

” Kami sangat mengharapkan dukungan pemerintah pusat agar masyarakat dimudahkan mendapatkan akses permodalan untuk dapat kembali menjalankan usaha,” kata Bupati Rusma Yul Anwar.

Baca Juga:  Menuju Pemilihan Wawako; Janganlah Merendahkan DPRD

Pada kesempatan ini bupati mengundang kesediaan menteri untuk berkunjung ke Pesisir Selatan menyaksikan secara langsung aktivitas UMKM khususnya bidang perikanan.

Lebih lanjut pada pertemuan tersebut, bupati menjelaskan bahwa Pesisir Selatan merupakan daerah berbasis kelautan dan perikanan dimana mayoritas masyarakat Pesisir Selatan menyandarkan penghidupan di kedua sektor UMKM itu.

Bak gayung bersambut. Secara langsung permintaan bupati dijawab Menteri Teten.
Menteri Koperasi dan UMKM menyambut baik dan menyetujui usulan Bupati terkait Rencana Pembangunan BLUT. Menteri juga berkomitmen untuk membantu akses pembiayaan koperasi dan UMKM melalui program Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir (LPDB) yang langsung di bawah Kementerian KUMKM. Menteri Teten menjelaskan bahwa dalam rangka pemulihan ekonomi nasional Kementerian KUMKM mengupayakan agar sektor UMKM dapat kemudahan akses pembiayaan dan saat ini kementerian sedang mengupayakan agar perbankan juga mempermudah akses pinjaman untuk usaha skala kecil menengah.