Buya Mahyeldi; Jangan Terlantarkan Orang Tua Bahagiakan Mereka

by -

Buya Mahyeldi; Jangan Terlantarkan Orang Tua Bahagiakan Mereka

SEMANGATNEWS.COM-Gubernur Sumbar H.Mahyeldi menghimbau masyarakat khususnya keluarga yang memiliki orang tua dalam rumah dan keluarganya untuk tidak menelantarkan orang tua masing masing.
“Saya himbau masyarakat Sumatera Barat, marilah bahagiakan orang tua kita diusia tuanya, jangan sampai mereka kita ditelantarkan” kata Mahyeldi secara virtual dalam sambutannya pada Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 25 di aula Universitas Baiturrahmah Sabtu (3/7) ini.

Acara peringatan HLUN pertama kalinya diadakan di Sumatera Barat menghadirkan 60 orang Lansia dari berbagai kabupaten kota dan Panti Jompo Sicincin dan Batusangkar.

Acara HLUN ke 25 diselenggarakan oleh Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Sumatera Barat yang diketuai oleh mantan Sekda Sumbar Ali Asmar. Selain Ali Asmar dan pengurusnya hadir juga Rektor Universitas Baiturrahmah Prof Dr.Musliar Kasim, Kadis Sosial Sumbar Junaidi dan Kadis Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi.

Gubernur menyebutkan kasus penelantaran orang tua oleh anaknya yang pernah terjadi di kota Padang. ” Pernah ada orang tua, ditinggal oleh anaknya di pinggir laut. Saya harap, kejadian menelantarkan orang tua seperti itu cukup sekali itu saja terjadi, jangan terulang lagi” kata Mahyeldi.

Acara peringatan HLUN ini kata Mahyeldi sangat tepat memilih Lanjut Usia Bersama Keluarga, karena memang orang tua tidak boleh dipisahkan dari keluarga terutama anak anak dan cucu cucunya. ” Anak anak dan keluarga harus mendampingi orang tua mereka masing masing terutama yang telah berusia lanjut” katanya.

Tanggung jawab memelihara orang tua adalah perintah agama sebagaimana Hadist Rasulullah. “Membahagiakan orang tua adalah ibadah, anak anak yang memberikan kebahagiaan kepada orang tuanya diganjar Allah dengan pahala yang besar” kata Gubernur.

Tak lupa Gubernur mengingatkan menjaga Prokes dan memperkuat Iman dan Immun. “Covid 19 belum berakhir, tetap perkuat iman dan imun ” katanya.

Sebelum sambutan Gubernur ketua LLI Sumbar dalam pidatonya mengatakan, organisasi LLI ini memang bertujuan untuk membahagiakan Lansia di keluarga masing masing. ” Kita mengajak semua keluarga untuk membahagiakan orang orang tua atau Lansia di keluarganya” kata Ali Asmar.

Rektor Musliar Kasim mengapresiasi pelaksanaan HLUN di kampus yang dipimpin nya. “Sudah empat tahun di Universitas ini membuka Prodi Lansia, baru sekarang ada peringatan HLUN, kami bangga dan menghargai benar. Silakan dipakai sarana kampus ini untuk kegiatan Lansia dan LLI” kata Musliar. (M.Khudri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.