Calon Masih Melihat Kekuatan Lawan

by -

SEMANGATNEWS.COM, Tanah Datar – Jadwal Konferensi Kabupaten Persatuan Wartawan Indonesia (Konferkab PWI) Kabupaten Tanah Datar kian dekat. Persisnya akan dihelat Sabtu (2/7) di Batusangkar. Tapi nama-nama bakal calon (balon) ketua belum menggema.

Kalaupun sudah muncul beberapa nama yang disebut akan mencalonkan diri atau dicalonkan oleh anggota lainnya, namun belum terlihat gerakan signifikan untuk meraih hati calon pemilih, yang jumlahnya kurang dari 20 orang.

Ada beberapa nama yang sudah mengapung, di antaranya Muhamad Syukur, S.Pd.I (terjangal dek partai), Meriyanto (terganjal dek sesuatu hal), mampukah orang-orang ini melintasinya dan Chandra Antoni (lihat-lihat jarak jauh kekuatan lawan).

Salah seorang dari ketiganya, dipastikan akan memiliki peluang besar untuk bisa terpilih. Apalagi kiprahnya selama ini di PWI Tanah Datar tak perlu diragukan lagi. Tapi tentu tidak menutup kemungkinan, akan muncul pula nama balon ketua lainnya Yulda Veri,” kata seorang anggota, Rabu (29/6), di Sekretariat PWI setempat.

Ketua Sterring Committee (SC) atau Panitia Pengarah; Musriadi Musanif dan Anggota Irfan Taufik, sebelumnya menjelaskan, persyaratan menjadi bakal calon ketua yang akan dipilih pada Konferkab, tidaklah berat-berat amat. “Segaris saja dengan aturan yang berlaku, khususnya Peraturan Dasar (PD), Peraturan Rumah Tangga (PRT), dan aturan lainnya yang ada di dalam sistem organisasi PWI,” ujarnya.

Berdasarkan pengumuman yang sudah disebarkan SC mulai 27 Juni 2022 lalu, seseorang bisa diajukan atau mengajukan diri menjadi balon ketua PWI Tanah Datar Periode 2022-2025, dengan memenuhi beberapa syarat, di antaranya:

a. Sudah menjadi anggota biasa PWI sekurang-kurangnya satu tahun;
b. Memiliki sertifikat atau kartu tanda lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW);
c.Tidak merangkap jabatan dengan pengurus partai politik beserta organisasi terafiliasi dengannya, dan organisasi pemerintahan;
d.Tidak menduduki jabatan rangkap di PWI;
e.Tidak terlibat dalam tim sukses kontestasi politik, baik pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah, maupun pemilu legislatif;
f.Tidak pernah dihukum oleh pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana bertentangan dengan martabat dan profesi kewartawanan;
g.Tidak pernah mendapatkan sanksi dari Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumatera Barat atau institusi lainnya yang berwenang di lingkungan PWI.

Sementara itu itu, untuk kesuksesan pelaksanaan kegiatan konferensi itu, Organizing Committee (OC) atau Panitia Pelaksana bersama Pelaksana Tugas Pengurus PWI Tanah Datar, Kamis (30/6) beraudiensi dengan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, didampingi pejabat dari Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo). Jajaran OC yang diketuai Joni Hermanto itu melaporkan kesiapannya untuk menyelenggarakan konferensi.

Pada audensi itu, panitia pelaksana bersama pelaksana tugas pengurus meminta kesediaan wabup, menghadiri prosesi seremonial pembukaan, sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Wabup turut mendoakan, sebagaimana dikutip dari publikasi Dinas Kominfo Tanah Datar, semoga kegiatan konferensi dapat berjalan dengan baik, sehingga PWI Tanah Datar segera memiliki pengurus yang definitif.

Wabup juga berharap, para wartawan yang tergabung ke dalam organisasi PWI, dapat menjadi mitra penyebarluasan informasi yang akurat. Kalaupun selama ini kemitraan itu telah terjalin dengan baik, maka saatnya pula untuk ditingkatkan di masa yang akan datang. (MSy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.