Camat Padang Utara: Posisi LPM Strategis Sebagai Kekuatan Masyarakat

by -

Camat Padang Utara: Posisi LPM Strategis Sebagai Kekuatan Masyarakat

Padang, Semangatnews-
Camat Padang Utara Kota Padang Fajar Sukma, SPd, menyatakan Posisi LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) sangat strategis sebagai kekuatan sosial ditengah masyarakat. Untuk itu LPM harus mampu menunjukan kekuatan itu dengan memrankan dirinya sebagai ujung tombak pembangunan.

“LPM itu, sama dengan legislatifnya kelurahan, selain menjadi mitra lurah dalam membuat perencanaan pembangunan, menjadi mitra RW dan RT, organisasi sosial kemasyarakatan tingkat kelurahan, LPM bahkan juga bisa menjadi eksekutornya atau pelaksana sebuah kegiatan di kelurahan.

Apalagi jika LPM nya mampu memberdayakan seluruh lapisan warga masyarakatnya yang memiliki potensi dalam segala hal”. Ungkap Fajar Sukma saat menyampaikan samabutan ketika Pelantikan Penbgurus LPM Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara, Sabtu sore 12/9 di Aula kantor Camat setempat.

Selaku Camat yang sudah bertugas di Padang Utara sejak 8 bulan belakangan, Fajar Sukma yang pernah bertugas di satpol PP dan Badan Penananggulan Bencana daerah Kota Padang itu, mengaku bahwa suksesnya sebuiah kegiatan di lapangan, apabila dikerjakan dengan cermat, disip[in dan penuh tanggung jawab serta memiliki kemampuan dalam memberdayakan potensi masyarakat. LPM itu adalah ujung tombak pembangunan di kelurahan, kata Fajar Sukma.

Sementara Lurah Lolong Belanti Rini Anggraini, S.STP. Msi, dalam sambutannya menyatakan bahwa selama 5 tahun bertugas di Kelurahan Lolong Belanti, LPM adalah mitra sejatinya Lurah.

Kerjasama yang terbangun selama ini telah membawa kemajuan kelurahan ini lebih baik dari tahun ketahun. Dengan telah terbentuknya kepengurusan LPM yang baru Lurah Rini, mengharapkan agar kerjasama antara kelurahan dan LPM lebih ditingkatkan dimasa yang akan datang.

Turut menyampaikan sambutan mantan Ketua LPM Kelurahan Lolong Belanti Syaharman Zanhar S.Sos yang juga sekarang pembina LPM dan Ketua DPD LPM Kota Padang.
Komposisi Struktur LPM Lolong Belanti yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Camat Padang Utara, Ketua Ary Yuritno, SH, Wakil Ketua Dinul Fajri, SH dan Nuzwar. Sekretaris 1 Puspita Sari, Sekretaris 2. Rika yuliza, Bendahara 1. Vivi Oktavilianda, bendahara 2 Nada Wantika.

Kepengurusan itu dilengkapi dengan bidang bidang. Pelantikan itu ditandai dengan pengucapan sumpah dan menandatangani naskah pelantikan.. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.