Cara Download dan Instal Aplikasi Raport Digital (ARD) Kemenag Secara Offline

by -

SEMANGATNEWS.COM – Perkembangan teknologi sangat membantu untuk mempermudah pelayanan kepada Masyarakat. Berbagai aspek saat ini sudah menggunakan teknologi terutama di bidang pendidikan.

Dengan adanya sistem penilaian online yang terus berjalan hingga saat ini, kemenag meluncurkan aplikasi untuk melakukan pengembangan sitem penilaian untuk siswa.

Terbaru, kemenag mengeluarkan Aplikasi Raport Digital (ARD) yang berada di bawah naungan Kemenag. Namun, hanya dikhususkan bagi beberapa golongan pendidikan kategori madrasah.

Aplikasi ini tidak dapat diakses oleh pendidikan di luar Madrasah, meskipun tingkatan pendidikannya sama seperti pendidikan formal umum. Walaupun jenjangnya setara pendidikan umum, secara khusus Madrasah memiliki kriteria penilaian yang berbeda, karena menekankan pendidikan agama Islam secara lebih mendalam.

Beberapa waktu lalu, situs http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ merilis aplikasi yang diberi nama Aplikasi Raport Digital (ARD) Madrasahku dengan berbasis online. Hal ini membuat ARD Madrasahku mulai dilirik para operator Madrasah.

Namun, saat ini hanya tersedia login untuk jenjang Roudhatul Athfal (RA). Sedangkan untuk jenjang MI, MTs, dan MA telah dialihkan ke versi offline.

Download Aplikasi Raport Digital Offline

Pada halaman ARD Rumahku yang terletak di bagian paling bawah menyatakan bahwa hanya jenjang RA yang menyediakan login. Maka dari itu, download aplikasi untuk jenjang lainnya seperti berikut:

Link tersebut mengarah ke Google Drive. Dalam artian, untuk mendapatkan aplikasi offline-nya, Anda harus mengunduh melalui Google Drive.

Instal Aplikasi Raport Digital

Setelah Anda berhasil mendownload sesuai jenjang yang dipilih, silahkan install aplikasi raport digital tersebut. Berikut caranya:

Kami asumsikan, Anda telah siap menginstal aplikasi ke komputer operator atau komputer sekolah.

Selanjutnya, klik ARD.v1.0-SetUp. Kemudian, Anda harus mengisi data pada tampilan pertama dengan mengisi Username, Organization, dan Serial Number.

Apabila semua telah terisi dan Serial Number Anda benar, maka secara otomatis akan muncul tombol Next. Klik saja Next untuk melanjutkan.

Nantinya, Anda akan diarahkan pada tampilan untuk menunggu Extracting File. Jika sudah, akan muncul jendela Completing the ARD Setup Wizard dan klik Finish.

Ya, itulah aplikasi raport digital (ARD) versi offline. Hadirnya aplikasi ini ditujukan untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat.


Sumber: berakal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.