Catatan Ilham Bintang; Miing Bagito Pasca Bypass : Alhamdulillah, Operasi Lancar

by -

Catatan Ilham Bintang; Miing Bagito Pasca Bypass : Alhamdulillah, Operasi Lancar

Pasca operasi bypass jantung, kondisi komedian terkenal Tubagus Dedi Suwendi Gumelar alias Miing Bagito ( 64) berangsur membaik.

Sabtu (21/5) pagi Miing menjalani operasi di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tindakan medis komedian yang juga politikus itu ditangani tim dr dr Utoyo Lubiantoro Sp JP dan dr. Arianto Bono Sp BTKV ( Bedah Toraks & Kardiovaskuler).

” Operasi berlangsung enam jam, mulai sekitar jam 8 pagi ” update Muammar Khadafi, putra Miing, Minggu (22/5) pagi. Dafi, begitu biasa dipanggil, menambahkan, proses siuman Miing pun cepat. ” 1,5 – 2 jam udah melek, ” sambungnya.

// Surprise //

Saat tengah berjalan santai hari Minggu di pedestarian jalan Elizabeth Street, City, Melbourne sambil menikmati sinar matahari di tengah cuaca dingin 15 derajat celcius, Miing bikin suprise. Dia mengontak sendiri lewat video call.

“Assalamu’alaikum Bang. Terima kasih atas perhatiannya. Saya sudah jalani operasi. Sekarang tahap pemulihan, masih lemes. Tapi, Alhamdulillah operasi on the track, semua indikasi yang berhubungan dengan operasi itu baik, ” cerita Miing, Minggu (22/5) siang. Namun, suaranya memang kedengaran masih lemah. Maka, tidak lama berbicara, segera saya menukas. ” Sudah, Miing harus banyak istirahat dulu, ” saya mengingatkan.

// Siap Mental //

Diberitakan sebelumnya, Miing memohon doa dari seluruh masyarakat sehubungan operasi bypass jantung yang dijalaninya Sabtu pagi di RS.
Permohonan itu beredar dalam format video di media sosial. Tayang
di berbagai WhatsApp Group ( WAG)termasuk WAG Artis “C-Nior” tempat Miing sehari-hari berinteraksi dengan kawan-kawannya sesama seniman.

Miing mengaku sengaja membuat dan membagikan video tersebut. Tujuannya, pertama- tama meminta didoakan oleh sanak keluarga, sahabat, kerabat, dan seluruh masyarakat agar selamat menjalani operasi. Tujuan kedua, berharap dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya, dan keikhlasan seandainya operasi itu gagal dan malah menjadi hari terakhirnya.

” Bypass ini ibarat one way ticket buat saya. Saya sudah 64 tahun. Sebagai orang beriman saya harus menyiapkan mental sekaligus jika hasilnya fatal. Merenggut jiwa, misalnya. Artinya takdir hidup saya memang sudah berakhir, ” terangnya Jumat (20/5) sambil mengutip Nasihat Nabi tentang orang cerdas selalu mengingat kematian. Ada tekad kuat untuk sembuh, tapi juga terasa ada perasaan gentar menghadapi operasi bypass itu. Namun, siapa pula yang tak gentar dihadapkan dengan kondisi menghadapi operasi jantung?

” Kita semua memang punya batas umur, tapi tak tahu kapan akhirnya. Maka benar kata Nabi : Hanya orang cerdas yang selalu mengingat mati,” sambungnya lagi.

Kamis malam( 19/5), dua hari sebelum operasi, keluarga Miing pun menyelenggarakan pengajian dan pembacaan surat Yassin di rumahnya. Selain dihadiri keluarga, juga beberapa artis, sahabatnya. Seperti Ninik L Karim, Yessy Gusman, Henky Tornando, dan Baby Silvya dari komunitas WAG C-Nior.

// Bypass Mengatasi Penyumbatan //

Menurut jurnal medis, bypass jantung adalah tindakan untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner pada pasien penyakit jantung koroner. Prosedur ini dilakukan untuk mengalihkan fungsi arteri koroner yang rusak, menggunakan cangkokan pembuluh darah baru dari organ tubuh lain.

Miing mulai merasakan keluhan gangguan jantung, sulit bernafas pada waktu menunaikan Salat Subuh minggu lalu. Dia pun cepat ke RS Mitra Keluarga Kelapa Gading untuk konsul dengan dr Utoyo Lubiantoro Sp JP dan dr. Arianto Bono Sp BTKV. Rencana semula, akan dilakukan tindakan pemasangan stent atau ring. Tetapi kemudian diputuskan bypass dan Miing beserta seluruh keluarga setuju.
Miing Bagito lahir di Banten pada 27 April 1958. Memulai debutnya sebagai penyiar di Radio Suara Kejayaan.

Kemudian bersama Didin dan Unang membentuk group lawak Bagito Group yang mengantarnya sebagai komedian yang pada masanya paling populer di Tanah Air.Di masa moncernya Bagito merupakan group lawak dengan honor tertinggi setelah Warkop DKI. Selain panggung, film, Bagito juga sempat menikmati kelezatan industri broadcast. Acara BaShow ( Bagito Show) di RCTI bertahun -tahun menempati top rating yang membuahkan materi yang berlimpah. Di masa surut Bagito, Miing tejun ke dunia politik dan sempat menjadi anggota DPR-RI selama satu priode.

Dengan Lisma, istrinya Miing telah membangun rumah tangga selama 30 tahun, membuahkan anak dan cucu.

Menjelang tindakan operasi saya berpesan kepada Dafi untuk mengupdate informasi terkaiit operasi Papanya.

” Sebagai sahabat, saya sedih tak di Jakarta, tidak bisa antar dan besoek Papa di RS. Tolong Dafi bantu update informasinya,” kata saya.
Minggu pagi Dafi mengontak menawarkan apakah mau bicara dengan Miing lewat video call. Saya belum sempat respons, Miing sendiri yang mengontak. Surprise. Alhamdulilah. Semoga kesembuhanmu abadi Miing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.