Catatan Ilham Bintang;Teguh Esha “Ali Topan Anak Jalanan” Telah Tiada

oleh -

Catatan Ilham Bintang;Teguh Esha “Ali Topan Anak Jalanan” Telah Tiada

Status di wall (dinding) Facebook rekan wartawan Noorca Massardi menyentak Senin (17/5) pagi ini. Bikin saya meneteskan kembali airmata buat sahabat yang mendahului. Noorca mengabarkan Teguh Esha meninggal dunia beberapa menit lalu.

Teguh Esha sahabat yang baik hati. Kawan ngobrol dan diskusi yang mengasyikkan. Dia biasa tiba-tiba muncul di rumah atau di kantor. Dia banyak gagasan. Setiap kali ke kantor selalu mengajak kolaborasi untuk mewujudkan ide kreatifnya.

Puluhan tahun lalu kami sering bertemu, berdiskusi banyak hal. Namun, lima tahun terakhir kami putus kontak dengan Sang Ali Topan ini.
Dengan Kadjat Adrai, adiknya — juga wartawan dan sastrawan— kami masih sering berkomunikasi. Terbaru, dua minggu lalu, dia minta nomer kontak Reza Rahadian.

Baca Juga:  Pelajaran Berharga Ardi Bakrie & Nia Ramadhani; Catatan Ilham Bintang

Nama lengkap Teguh Esha adalah Teguh Slamet Hidayat Adrai. Ia lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 8 Mei 1947. Pernah menjadi mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Sosial, Departemen Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Ketua IMADA (Ikatan Mahasiswa Jakarta) tahun 1973—1975, Wakil Sekretaris Jendral SOMAL (Sekretariat bersama organisasi- organisasi mahasiswa lokal di Indonesia) tahun 1975—1976, Pemimpin Redaksi Majalah Hiburan Khusus Le Laki.

Baca Juga:  Tokyo Revenger: Simbol Di Seragam Geng Toman Mirip Logo Nazi, Ini Penjelasanya

Nama Teguh melesat bak meteor ketika novelnya “ Ali Topan Anak Jalanan” sukses merebut hati masyarakat, khususnya kaum muda di tahun 70 an.
Lewat novel itu, Teguh memperlihatkan sikapnya yang bebas, dengan gaya bahasanya yang kuat dan orisinil menceritakan kehidupan anak muda Ibukota. Pembangunan watak -watak tokohnya menunjukkan pengetahuannya tentang kehidupan serta aspirasi golongan muda metropolitan yang otentik. Sejak saat itu Teguh Esha dikenal sebagai salah seorang penulis yang menonjol pada tahun 70-an.

No More Posts Available.

No more pages to load.