Cek Fakta: Polisi Sebut Presiden Joko Widodo Lambang Negara dan Panglima Tertinggi

oleh -
Mural Presiden Joko Widodo yang dianggap menghina lambang negara. (Foto: Dok. Istimewa)
Mural Presiden Joko Widodo yang dianggap menghina lambang negara. (Foto: Dok. Istimewa)

SEMANGATNEWS.COM – Polisi menyebut Presiden Joko Widodo sebagai lambang negara pasca gambar mural bertuliskan ‘404 Not Found’ telah dihapus aparat gabungan di kawasan Batuceper, Kota Tangerang Banten.

Kasubbag Humas Polres Tangerang Kota, Kompol Abdul Rachim menyebut bahwa gambar mural bergambarkan foto Jokowi dengan tulisan ‘404 Not Found’ itu dinilai telah menghina lambang negara dan pimpinan tertinggi dari TNI-Polri.

Baca Juga:  Contoh Ucapan HUT TNI AL yang ke-76 | Kata-kata Mutiara Penuh Makna

“Presiden itu lambang negara, presiden itu panglima tertinggi TNI-Polri, kami sedang menyelidiki siapa pelaku yang membuat (mural) itu,” katanya.

Faktanya, presiden bukan merupakan simbol atau lambang negara seperti dijelaskan dalam UUD 1945 pasal 35 sampai 36A.

Di sana disebut bahwa lambang negara adalah Garuda dengan semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ika’.

Sementara itu, dalam UU nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta lagu kebangsaan, tepatnya dalam bab 1 UU nomor 24 tahun 2009 dijelaskan bahwa Bendera Merah Putih, Bahasa Indonesia, Lambang Garuda Pancasila, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya merupakan jati diri bangsa dan identitas NKRI.

Baca Juga:  Kedatangan Vaksin Tahap ke-49, Stok Cukup dan Distribusi Cepat jadi Kunci Keberhasilan Vaksinasi

“Keempat simbol tersebut menjadi cerminan kedaulatan negara di dalam tata pergaulan dengan negara-negara lain dan menjadi cerminan kemandirian dan eksistensi negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” demikian bunyi penjelasan umum di bab 1 dalam UU nomor 24 tahun 2009 itu.

Pada bagian ‘Menimbang’ huruf a di UU tersebut, bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan merupakan sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan negara.

No More Posts Available.

No more pages to load.