Coba Ceritakan Fenomena Angin Muson di Indonesia! Jawaban Kelas 5 Tema 1

by -
Peta Kependudukan Indonesia

SEMANGATNEWS – Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki iklim tropis di dunia. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi letak secara geografis maupun astronomis

Sehingga hal terebut membawa dampak yang beragam terhadap kondisi iklim di Indonesia. Salah satu persoalan yang akan dijawab adalah bagaimana fenomena angin muson di Indonesia

Selain pertanyaan di atas, juga ada sejumlah pertanyaan lainnya yang juga perlu untuk dijawab oleh siswa. Berikut pertanyaan dan jawaban lengkapnya:

1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
Jawaban:
Musim penghujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober sampai dengan April.

2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
Jawaban:
Musim kemarau di Indonesia terjadi pada bulan April sampai dengan Oktober.

3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
Jawaban:
Angin muson disebut juga dengan angin musim adalah angin periodik yang terjadi di samudra Hindia dan di sebelah selatan Asia. Angin ini bertiup dari arah barat daya India dan wilayah-wilayah sekitarnya ditandai dengan curah hujan yang tinggi.

Di Indonesia terjadi dua angin muson setiap tahun yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Hal ini terjadi karena perbedaan tekanan udara. Angin akan bertiup dari daerah bertekanan udara maksimum ke daerah bertekanan udara minimum.

1. Angin muson Barat bertiup antara bulan Oktober-April. Tekanan udara yang tinggi di bagian bumi utara (musim dingin) dan tekanan udara rendah di belahan bumi bagian selatan mengkibatkan perbedaan tekanan sehingga menimbulkan tiupan angin muson barat dari Asia ke Australia yang melewati Indonesia. Hal ini menyebabkan curah hujan menjadi tinggi, air akan melimpah, tanah menjadi subur. Di Indonesia terjadi musim hujan. Namun akhir-akhir ini musim hujan menjadi momok menakutkan di Indonesia karena akan terjadi banjir dimana-mana.

2. Angin Muson Timur bertiup dari bulan April sampai bulan Oktober. Terjadinya angin muson timur adalah kebalikan dari angin muson barat yaitu disebabkan karena tekanan udara di belahan selatan lebih tinggi daripada tekanan udara di belahan utara. Ketika angin bertiup maka Indonesia akan mengalami musim kemarau, suplai air berkurang, dan tanah menjadi sulit untuk bercocok tanam.

BACA SELENGKAPNYA: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 77 78 79 80 81 83 84, Subtema 2 Pembelajaran 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.