Dalam Kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Assya’adah Gubernur Sumbar Ajak Warga Atur Pengeluaran dengan Bijak.

0

Semangatnews, Agam – Gubernur Sumatera Barat Prof. H. Irwan Prayitno bersama rombongan Safari Ramadhan menggelar shalat tarawih bersama masyarakat di Masjid Assya’adah Jorong Surau Lauik Nagari Panampung, Kecamatan Ampek Angkek Panampung, Kabupaten Agam, Rabu (22/5/2019).

Hadir dalam pada tim safari ramadhan provinsi Sumbar yaitu Nevi Zuairina Ketua TP PKK Sumnar, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat Ir. H. Benni Warlis, MM, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar H. Hendri, S.Ag, M.Pd, Kepala Dinas PUPR Sumbar, Ir. H. Fathol Bari, MSc, Eng, Kepala Dinas Sosial Abdul Gafar, SE. MM, Kepala Dinas Perhubungan Heri Nofiardi, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Drs. Syaifullah, MM, Kepala Biro Humas Drs. Jasman Rizal MM.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Agam Dr. Ir. H. Indra Catri, MSP, Sekda Agam dan beberapa pejabat dilingkungan Kabupaten Agam.

Dalam sambutan gubernur Sumbar meminta masyarakat untuk menahan hawa nafsu selama bulan Ramadhan, terutama belanja kebutuhan bahan pokok yang mempengaruhi kenaikan harga bahan pokok, sehingga menyebabkan inflasi.

Menghadapi lonjakan tersebut, masyarakat harus bisa menghadapi inflasi yang selalu terjadi, dengan cara menahan keinginan untuk tidak hidup yang berlebihan.

“Masyarakat harus bisa mengatur pengeluaran dengan bijak, janganlah kita selalu mengikuti nafsu, sehingga terjadi inflansi,” kata Irwan Prayitno.

Perilaku konsumtif di bulan puasa yang berlebihan bisa memicu inflasi. Dia berharap masyarakat jangan makan terlalu banyak makan sehingga tidak fokus ibadah.

“Kalau kita terlalu banyak makan pada saat berbuka puasa, bisa menyebabkan malas melaksanakan sholat terawih, karena sudah 3T terduduk, terkantuk dan tertidur,” ucapnya.

Kebiasaan semacam ini sudah menjadi gaya hidup sebagian besar umat Islam di Indonesia, meskipun harga-harga kebutuhan pokok naik, permintaan akan barang-barang yang naik itu tetap saja tinggi, walaupun banyak ibu-ibu yang mengeluh.

Gubernur Irwan Prayitno mengajak masyarakat, agar bisa menjaga inflansi dengan cara mengendalikan hawa nafsu.

“Mari menjaga inflasi dengan tidak banyak makan. Dengan mengendalikan nafsu Inflasi akan terkendali,” ajaknya.

Gubernur Irwan Prayitno berharap di bulan yang penuh berkah ini untuk selalu meningkatkan ibadah, perkuat iman dan taqwa, perbanyak baca Al-qur’an, infak dan selalu sholat malam.

Bupati Agam Indra Catri dalam safari ramadhan ini, selalu pemerintah Agam, sangat berterima kasih pada pemprov Sumbar, pasalnya setiap tahunnya ada dua sampai tiga kali gubernur berkunjung memberikan bantuan dalam safari ramadhannya.

Selanjutnya Indra Catri juga melaporkan kondisi daerah Kabupaten Agam pasca Pemilu 2019 yang diselenggarakan pada tangga 17 April lalu.

“Kabupaten Agam pasca Pemilu 2019 sampai saat ini kondisinya masih tetap aman, tertib dan kondusif,” ujarnya.

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Sumbar melalui tim safari ramadhan menyalurkan bantuan berupa uang sebesar Rp 20 juta yang diserahkan oleh gubernur Sumbar dan bantuan kitab suci Al-qur’an sebanyak 20 Al-qur’an yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar H. Hendri kepala pengurus Masjid Assya’adah.

#nov
#humassumbar

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.