Danau Talang Solok, Pesona Wahana Camp di Sumatera Barat

by -
Danau Talang Solok Sumtera Barat
Danau Talang Solok Sumtera Barat - Foto: Istimewa

SEMANGATNEWS.COM – Danau Talang adalah sebuah danau di kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau talang adalah danau vulkanik yang terbentuk dari salah satu kawah Gunung Talang.

Tercatat sebagai salah satu gunung api aktif di Sumatera Barat, letusan Gunung Talang membentuk dua kawah besar dan salah satunya kini menjelma menjadi danau.

Pemandangan disekitaran danau tentu makin indah berkat kehadiran bebatuan gunung dan panorama Gunung Talang sekaligus.

Menurut cerita masyarakat setempat, sekitaran Danau Talang bisa dijadikan tempat Camp bagi para wisatawan dan tak kalah indah nya dengan panorama diatas Gunung Talang ataupun di Hutan Mati Gunung Talang.

Danau Talang bisa ditempuh via jalur darat dengan perjalanan sekitar 3 jam dari kota Padang menuju kearah Solok. Begitu sampai di Solok, kalian hanya tinggal menempuh perjalanan darat selama kurang lebih satu jam

Selanjutnya dalam memasuki Kawasan Alahan Panjang, Teman Traveler akan dibuat takjub dengan di suguhi hamparan kebun teh yang luas dan udara dingin ala desa yang begitu ciamis.

Danau Talang Solok Sumtera Barat
Danau Talang Solok Sumtera Barat

Belum lagi ditambah kehadiran perkebunan sayur warga dan kawasan perbukitan yang luar biasa. Semuanya tampak begitu mempesona, dataran tinggi dibalut sejuknya udara khas desa yang begitu alami.

Sekitaran satu jam menumpang sepeda motor dari Aia Batumbuak. Teman Traveler harus ekstra begitu hati – hati karena penuh tanjakan dan kondisi jalan yang rusak.

Danau yang berada ketinggian sekitar 1.500 mdpl sangat cocok untuk menghabiskan waktu akhir pekan atau waktu weekend. Teman Traveler dating diwaktu yang tepat, pasti disambut panorama sunset yang sangat indah. Sembara duduk santai, kalian bisa menikmati eloknya Mentara yang perlahan menghilang dibalik Gunung Talang.

Malam tiba Kembali, teman Traveler bisa mendirikan tenda dan membuat api unggun. Mengobrol didepan kobaran api sambal menyeruput kopi tentu bakal moment asyik saat liburan.

Masih penasaran teman Traveler? Danau ini juga sering disebut sebaga Telaga Sunyi karena letaknya tersembunyi dan jauh dari keramaian. Tentu saja pas untuk mengusir kebosanan dari hiruk pikuk kota. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.