Danlantamal II Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Posal Pariaman

oleh -

Danlantamal II Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Posal Pariaman

Semangatnews, Pariaman – Berjarak lebih kurang 55 Km dari pusat kota Padang, Kota Pariaman yang terletak di pinggiran Pantai atau berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, adalah merupakan salah satu kota pantai yang menjadi destinasi wisata di daerah Pulau Sumatera.

Dilihat dari historisnya tidak bisa terlepas dengan TNI Angkatan Laut, karena mempunyai nilai historis tersendiri. Hal ini yang disampaikan Dr Genius Umar. M.Si., pada saat memberikan kata sambutan dalam peresmian Pos TNI Angkatan Laut di Kota Pariaman Kamis, (8/8)2019).

Genius Umar mengatakan, TNI AL sangat kita butuhkan dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari dan lewat laut. Laut Pariaman kaya akan sumber daya ikan dan kekayaan laut lainnya, sehingga kita butuh TNI AL karena ahli di bidang laut.
Daerah adalah salah satu destinasi wisata pantai di Pulau Sumatera, kita perlu TNI AL dalam mengawasi wisatawan yang berkunjung ke kota Pariaman.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman. M.Sc dalam kesempatan yang sama menyampaikan, Tugas TNI AL sesuai dengan UU TNI no 34 tahun 2004 bahwa, tugas TNI AL selain Operasi Meliter Perang atau (OMP) ada tugas lain yang namanya Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa, membantu pemerintah daerah dalam hal penanggulangan bencana, membantu pemerintah dalam pemerataan perekonomian masyarakat daerah, gotong royong atau lebih dikenal dengan istilah TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa). Pos TNI Angkatan Laut sendiri yang di singkat Posal, merupakan implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar pangkalan TNI Angkatan Laut.

“Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke komando atas untuk dikaji dan evaluasi sebagai bahan pengambilan keputasan baik dalam tingkat taktis maupun strategis,” ungkap Agus.

Di tambahkanya lagi, apresiasi kepada Walikota Pariaman, yang telah memasukan TNI AL dalam perencanaan pembangunan kota Pariaman dan menjadikan TNI AL sebagai Icon pariwisata kota Pariaman.

Di tempat terpisah, Danlantamal memberikan bibit mangrove atau tanaman bakau di SMK 3 Pariaman sebagai tumbuhan yang banyak manfaatnya sebagai paru paru dunia, habitat ikan, udang dan kepiting di samping penahan abrasi pantai.

Danlantamal juga menyerahkan berupa bibit ikan Gurami, Nila dan Lele kepada kelompok masyarakat. Di akhir acara sore yang merupakan rangkaian dari serbuan teritorial Potensi dan Pembinaan Maritim atau Potmar Lantamal II Padang dilakukan pelepasan tukik atau anak penyu ke habitatnya.

Kegiatan ini hadiri oleh, Wakil Komandan Lantamal II Padang Kolonel Marinir Wurjanto. M.Han., Walikota Pariaman Dr Genius Umar. M.Si. Aspotmar, Kadispotmar, Kajari Pariaman, Dandim Pariaman, Kapolres Pariaman, dan Satuan Kerja Pemerintah Kota Pariaman, Siswa SMK 3 Pariaman, 1 Pleton gabungan prajurit Lantamal dan Yonmarhanlan II Padang serta dari Satpol PP dan BPBD kota Pariaman.(Dispen Lantamal II Padang)