Desa Pemajuan Kebudayaan, Pariangan dan Batu Taba Terpilih Sebagai Desa Budaya 2021

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Keseriusan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam merealisasikan Undang- Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Desa nampaknya sudah mulai pada tahap pelaksanaan. Kemendikbudristek melalui Dirjen Kebudayaan telah mendata 359 desa se- Indonesia sebagai desa percontohan Pemajuan Kebudayaan Desa.

Desa- desa yang terpilih adalah desa yang memenuhi 7 indikator Desa Pemajuan Kebudayaan. 7 Indikator tersebut antara lain; Desa sekitar Cagar Budaya Nasional, Desa sekitar Titik Jalur Rempah, Kampung Bahari Nusantara, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Desa Berkembang Kemendes, Lima Destinasi Wisata Super Prooritas Nasional, dan Desa yang berada di Kab/Kota telah menyusun Pedoman Pemajuan Kebudayaan Daerah (PPKD).

Baca Juga:  Hari Ini Pasien Covid-19 Sembuh 37 Orang meninggal Dunia 2 Orang

Salah satu desa yang termasuk dalam kategori ini adalah Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan. Untuk Kabupaten Tanah Datar sendiri terpilih 2 Nagari yaitu Nagari Pariangan dan Nagari Batu Taba di Kecamatan Batipuh, sedangkan se- Sumatera Barat berjumlah 14 Nagari.

Setiap desa yang masuk dalam Pemajuan Kebudayaan Desa akan didampingi oleh satu orang Daya Desa (Daya Desa Budaya) dan telah mengikuti Loka Karya secara lansung di Jakarta selama 3 hari (8-10 Juni). Pemilihan Daya Desa Budaya ini berdasarkan rekomendasi dari Dinas kebudayaan atau dari Maestro- Maestro Budaya Kab/Kota setempat. Untuk Daya Desa Pariangan diwakili oleh Randa, hasil dari rekomendasi Maestro Budaya Tanah Datar bapak Irwan Malin Basa, M.Pd, sedangkan Arfanita Daya desa Nagari Batu Taba adalah rekomendasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar.

No More Posts Available.

No more pages to load.