Di Rumah Kesehatan Covid-19, Gharin Mushalla Jalani Isolasi Mandiri

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – RF (17), tidak menyangka bakal terjangkit Covid-19. Sejak Rabu (14/7) lalu, dirinya dinyatakan positif terpapar virus Corona itu. Namun dia tidak butuh rawatan intensif, cukup isolasi mandiri saja.

Beruntungnya, RF –pelajar yang sehari-hari menjadi gharin di sebuah mushalla di Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur itu– tidak perlu isolasi di bilik mushalla. Fasilitas isolasi mandiri untuk dirinya sudah tersedia. Rumah Kesehatan Covid-19, namanya.

Baca Juga:  Keluarga Berperan dalam Penurunan Kasus Stunting

Ada empat Rumah Kesehatan Covid-19 di Ganting. Satu di bawah pengelolaan kelurahan, tiga lagi milik kaum pasukuan. Dan sedang diupayakan pula penambahan rumah serupa di kelurahan yang baru saja didapuk sebagai Kelurahan Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat itu. Inilah upaya penanganan Covid-19 berbasis kearifan lokal yang mendapat pujian banyak kalangan tersebut.

RF menjadi orang pertama yang menghuni rumah isolasi ini. Rumah Kesehatan Covid-19 Kaum D. Datuak Simarajo, Suku Pisang, Nagari Gunuang. Begitu merek spanduk yang tertulis di rumah isolasi itu. RF, diantar ke sana, Sabtu (17/7), menjalani isolasi mandiri dengan fasilitas lengkap yang tersedia di rumah itu.

Baca Juga:  25 Orang Ikuti Vaksinasi di Kominfo Padang Panjang

Lurah, Januardi, SE beserta tokoh masyarakat setempat turut mengantar RF ke rumah yang persis berada di seberang jalan depan RSUD Padang Panjang itu. Rumah isolasi ini, jauh dari keramaian dan juga menghadap matahari terbit.

Dalam masa isolasinya, RF bisa dengan mudah berjemur diri, mendapatkan asupan vitamin D3 dari sinar matahari. Sementara fasilitas lainnya, dia tinggal memanfaatkan semua yang tersedia.

No More Posts Available.

No more pages to load.