Dikategorikan Kota Tumbuh, Riza Falepi Ingin Jadikan Payakumbuh Kota Yang Terencana

oleh -
FB_IMG_1579178475845-01

Semangatnews Payakumbuh – Riza Falepi ingin menjadikan Payakumbuh sebagai kota yang terencana, hal ini di sampaikannya saat diwawancara di ruang kerjanya, Kamis (16/1).

Wali kota dua periode itu mengatakan untuk saat ini Kota Payakumbuh masih dikategorikan sebagai kota tumbuh, karena belum memenuhi syarat sebagai kota terencana dan modern.

“Bukan hanya Kota Payakumbuh saja yang belum memiliki status sebagai Kota yang terencana, masih banyak kabupaten/kota di Indonesia yang sama statusnya dengan kita, yaitu sebagai kota yang tumbuh,” kata Riza.

Riza juga mengatakan untuk usaha menjadikan kota yang terencana ini, dirinya berencana memulainya di kawasan Batang Agam, yang pembangunan normalisasinya saat ini sudah hampir 100 persen selesai pengerjaannya.

“Kita perlu menentukan titik mana saja yang akan dibangun atau didisain dengan menggunakan arsitek terbaik di bidang Tata Kelola Kota, tentunya secara bertahap dan berkelanjutan,” imbuh alumni ITB tersebut.

Lebih lanjut, Riza Falepi mengatakan untuk mewujudkan rencana itu, dirinya sampai saat ini belum ada mengeluarkan izin apapun untuk dibangun di sepanjang tepian kawasan Batang Agam tersebut.

“Kedepannya kita akan membuat bagaimana kawasan Batang Agam bisa memiliki nilai lebih dari penataan kota yang terencana dan modern, demi meningkatkan kualitas hidup dan kualitas lingkungannya, serta pariwisatanya juga yang nanti akan memberikan andil dalam peningkatan pendapatan warga serta pertumbuhan ekonomi kota ini,” pungkas Riza.