Disduk Capil Solsel Jeput Bola Ke Nagari Dukung Penerbitan Dokumen Kependudukan

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Upaya pemutahiran databese kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Solsel melakukan pelayanan keliling penerbitan dokumen kependudukan ke nagari se-Solok Selatan.

” Program Disduk Capil kali ini ke masing-masing nagari adalah untuk pemutahiran database kependudukan dan pencatatan sipil yang sudah terdaftar dalam server,” kata Kepala Bidang Capil Kasman. S. IP didampingi Kabid Dalduk, Aksearmansyah. SH.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Terjadi Penambahan Empat Kasus Positif Covid-19

Artinya warga masyarakat yang dilayani saat pelayanan keliling ini diantaranya warga yang belum mengurus KTP mulai dari yang melakukan rekap maupun yang mencetak KTP. Selain itu juga akan dilayani penerbitan akte kelahiran, akte kematian, keterangan pindah.

Pelayanan pada masyarakat ini, disesuaikan dengan data yang sudah ada di server, dan dilakukan secara online, ” tambah Kasman.

Baca Juga:  Payakumbuh Mengumumkan, Empat Penambahan Kasus Positif Covid-19, Satu Orang Sembuh

Ditambahkan Kasman, jumlah kunjungan warga saat dilakukan pelayanan keliling sangat banyak. Bahkan di Nagari Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan tercatat 889 orang yang belum merekam KTP. Berikut yang mengurus akta kelahiran 0-18 di Nagari itu juga tercatat sebanyak 345.

” Tingkat partisipasi masyarakat mengurus administrasi kependudukan di Nagari Lubuk Malako cukup tinggi, apalagi jumlah penduduk yang belum memiliki adminitrasi kependudukan juga sangat banyak, ” ungkap Kasman.

Baca Juga:  Sentra IKM Kota Payakumbuh Di Lirik Kerjasama Dengan Dharma Wanita Unand

Kegiatan pelayanan keliling ini, menurut Kasman melibatkan seluruh bidang dan bagian sekretariat, dengan jumlah anggota tim sebanyak 11 orang.

” Adapun tim yang turun melakukan pelayanan keliling, diantaranya, Bidang Pencatatan Sipil, Bidang Pendaftaran Penduduk, Bidang Siak dan Pengelolaan Data, ” pungkas Kasman.