DPRD dan Pemkab Dharmasraya Tetapkan KUA-PPAS APBD 2023

by -

SEMANGATNEWS.COM, DHARMASRAYA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Dharmasraya beserta Pemda sepakat terkait Penetapan Kesepatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Dharmasraya Tahun Anggaran 2023. Rapat kesepahaman ini dilaksanakan di ruang rapat Paripurna Gedung DPRD Dharmasraya, Senin, (1/8).

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Pariyanto, S.H serta didampingi Wakil Ketua DPRD Ir. H. Adi Gunawan, M.M, Ade Sudarman, S.Pd serta Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekda Adlisman, Forkopimda, Instansi Vertikal, Staf Ahli, Kepala OPD dan Wali Nagari.

Dalam memimpin rapat paripurna, Ketua DPRD terlebih dahulu mengucapkan turut Mengawali sambutan ketua DPRD turut berduka atas wafat nya orang tua bupati H. Rasul Hamidi Dt. Saridano Wali Nagari Sungai Rumbai, Jum’at (22/7) lalu. Ketua meminta kepada seluruh yang hadir membacakan Alfatihah untuk almarhum.

Ketua DPRD juga mengapresiasi Pemkab atas perolehan penghargaan Nirwasita Tentra dari KLH RI Kategori Kabupaten Kecil untuk Kepala Daerah. Pencapaian prestasi ini merupakan sinergi antara kepala daerah bersama legislatif yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan pembangunan berkelanjutan dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah.

“Ucapan selamat juga kami sampaikan atas prestasi Bupati Dharmasraya atas penerimaan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia pada peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tahun 2022 yang lalu, semoga prestasi yang dicapai dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun mendatang,” tutur Pariyanto

KUA – PPAS APBD Kabupaten Dharmasraya Tahun Anggaran 2023 sebagai tahapan setelah dilakukan pembahasan oleh Pemerintah Kabupaten dengan Badan anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Dharmasraya.

Dalam Sambutan nya Bupati Dharmasraya menyampaikan KUA PPAS APBD tahun 2023 disusun secara bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kabupaten Dharmasraya merupakan dokumen perencanaan anggaran tahunan yang dimiliki kandungan substansi strategis, memuat target pencapaian kinerja yang terukur dari program-program yang akan dilaksanakan pemerintah daerah, disertai dengan proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya.

Dalam penyusunan KUA-PPAS saat ini tidak terlepas dari isu aktual dan pengaruh dari luar daerah. Untuk itu, kita perlu juga mencermati dan memperhatikan kondisi sosial, ekonomi, kesehatan dan peristiwa yang berkembang saat ini, seperti masih belum berakhirnya pandemi covid 19 yang terjadi ditingkat global, regional maupun lokal.

Penyusunan KUA-PPAS APBD Kabupaten Dharmasraya tahun 2023 mempedomani RKPD Kabupaten Dharmasraya tahun 2023 yang ditetapkan dengan peraturan Bupati no 12 tahun 2022. RKPD Kabupaten Dharmasraya tahun 2023 merupakan tahun ketiga dalam periode RPJMD Kabupaten Dharmasraya tahun 2021-2026 yang mengusung tema pembangunan yaitu “Pemerataan Infrastruktur Untuk Menunjang Peningkatan Ekonomi Masyarakat,” tutup Bupati.(rsy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.