DPRD Pasaman Barat Perkuat Komitmen Perhutanan Sosial

oleh -

DPRD Pasaman Barat Perkuat Komitmen Perhutanan Sosial

Semangatnews, Padang-Kontribusi legislator kabupaten/kota untuk mendukung Perhutanan Sosial ditingkat tapak menjadi tema Kunjungan kerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat yang dipimping ketua komisi IV beserta beberapa anggota komisi II ke Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Jumat 21 Februari 2020.

Tema ini menarik dan paling hangat menjelang suksesi kepemimpinan maupun mengawali penugasan anggota DPRD, mengingat Kabupaten Pasaman Barat sangat potensial dalam pengembangan usaha Perhutanan Sosial dengan komoditi yang beragam. Mulai dari produk agroforestry, silvofishery, silvopasture, HHBK seperti gula aren, rotan, manau, jengkol, alpukat, petai, hingga gaharu juga wisata alam.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Yozarwardi Usama Putra S.Hut, M.Si dalam arahannya melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat menyampaikan bahwa fungsi legislasi DPRD Kabupaten/kota dapat digunakan untuk menyiapkan regulasi di tingkat tapak yang akan memayungi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak terkait di tingkat kabupaten/Kota dalam mendukung Pengembangan Perhutanan Sosial.

Baca Juga:  Koto Bangun,dengan Pendapatan Asli Ratusan Juta Rupiah, DPRD Sumbar Bangga

Disamping itu, fungsi bugeting juga dapat digerakan untuk mengintervensi pembiayaan kegiatan di lokasi atau Areal Kerja Perhutanan Sosial dari sumber APBD kab/kota bahkan mendorong peruntukan dana desa/nagari untuk mendukung Pengembangan uasaha di Perhutanan Sosial. Sementara fungsi pengawasan menjadi pilar untuk memperkuat dan memastikan dukungan eksekutif serta pihak terkait untuk fokus dan memeberi perhatian yang lebih terhadap Perhutanan Sosial atau pembangunan kehutanan secara umum.