DPRD Provinsi Jawa Tengah Studi Banding ke Kota Payakumbuh.

by -

Semangat Payakumbuh-Di awal tahun 2018 ini Pemerintah Kota Payakumbuh mendapat tamu kunjungan perdana dari Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kamis, (25/1).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi D, Hadi Santoso dan anggota Komisi D, beserta dari perwakilan Pemerintah diantaranya, Kepala Dinas Perkim, Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa tengah, disambut oleh Wakil walikota Erwin Yunaz, yang didampingi asisten 1 Yoherman, Kadis Perkim, Marta Minanda, Camat Latina, David Bachri, Kabag Kesra ul Fakhri di ruang rapat Walikota lantai 2 Balaikota Bukik Sibalauik Kota Payakumbuh.

Wakil walikota dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Rombongan Komisi D, yang telah memilih kota Payakumbuh sebagai daerah Kunjungan nya. Karena Daerah Payakumbuh jika banding kan dengan Jawa Tengah sangat jauh berbeda, baik luas daerah, jumlah penduduk serta PADnya,” ungkap Wawako Erwin Yunaz.

Untuk itu kami mohon maaf sekiranya kunjungan rombongan Komisi D ini tidak sesuai dengan harapan kita semua, kami atas nama Pemerintah dan warga Kota Payakumbuh mohon dimaafkan,” harap Wawako Erwin.

Ketua Komisi D dalam sambutannya menyampaikan, tujuannya memilih Kota Payakumbuh, tak lain adalah karena kota Batiah ini telah banyak meraih prestasi baik tingkat Provinsi maupun Nasional. “kami tertarik dengan keberhasilan kota Payakumbuh dalam membantu warganya yang tinggal dirumah tidak layak Juni (RTLH), serta membangunkan atau merenovasi rumah agar layak huni,” paparan Hadi Santoso.

Kepala Dinas Perkim kota Payakumbuh, Marta Minanda menyampaikan, di Payakumbuh memang banyak RTLH tapi ditahun 2017 telah banyak yang di bantu untuk menjadi layak dihuni oleh keluarga. Bantuan itu tidak seluruhnya dari pemerintah, disamping Swadaya masyarakat setempat, dari pemuka masyarakat, dari Ninik mamak serta dari perantau, “Bantuan ini tidak langsung kepada pemilik rumah, mealinkan kepada kelompok penerima bantuan. Kelompok inilah yang akan bekerja secara swadaya membangun RTLH tersebut,” terang Kadis Perkim.

Kadis Perkim menambahkan, Kecamatan yang banyak RTLH di antara lima kecamatan di kota Payakumbuh yaitu Kecamatan Latina dan Kecamatan Payakumbuh Selatan,” Di kecamatan Latina selama tahun 2017 sudah 27 rumah yang telah selesai di kerjakan,” kata Marta Minanda.

Selesai acara di Balaikota Wakil Walikota beserta rombongan turun kelapangan menuju RTLH yang sudah siap direhab dan telah dihuni oleh masyarakat, diantaranya Rumah Rika dan Rumah Salman, yang yang terletak di Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Latina. (men/Jen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.