DPRD SUMBAR MINTA KPK USUT DUGAAN PENYIMPANGAN DANA COVID-19 DI SUMBAR

oleh -

DPRD SUMBAR MINTA KPK USUT DUGAAN PENYIMPANGAN DANA COVID-19 DI SUMBAR

SEMANGATNEWS.COM-DPRD Provinsi Sumatera Barat mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jakarta, Senin (24/5). Mereka melaporkan dugaan penyimpangan anggaran Rp7,63 miliar dana penanganan Covid-19 di Sumbar agar ditindaklanjuti KPK

“Yang kita laporkan ini berdasarkan hasil pemeriksan BPK Perwakilan Sumatera Barat, di mana dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sumatera Barat tahun 2020, BPK menemukan adanya dugaan penyimpangan Rp7,63 miliar dalam penanganan Covid-19,” kata salah seorang anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra, Hidayat, kepada wartawan seusai dari Gedung KPK.

Selain Hidayat, lima anggota dewan lainnya yang mengadukan dugaan korupsi itu ke KPK adalah Evi Yandri Rajo Budiman dari Fraksi Gerindra, HM Nurnas dan Nofrizon dari Fraksi Demokrat, serta Albert Hendra Lukman dan Syamsul Bahri dari Fraksi PDI Perjuangan-PKB.

Baca Juga:  Unggul Penanganan Covid-19, Pasia Laweh, Agam Juara Lomba Nagari Wakili Sumbar

Menurut Hidayat, pelaporan ke KPK ini dilakukan agar penanganan bisa lebih cepat. Mereka menilai dugaan korupsi dana penanganan Covid-19 telah menurunkan kepercayaan masyarakat kepada Pemda.

“Bagi kami, temuan BPK ini sungguh sangat memukul rasa keadilan sosial dan ekonomi masyarakat yang sedang terdampak secara sosial dan ekonomi oleh pandemi Covid-19.

Dampaknya, berpotensi memicu ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah terkait imbauan untuk taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata Hidayat.

Baca Juga:  Kementerian PPPA Kunjungi Kota Payakumbuh Apresiasi Pelaksanaan Kota Layak Anak

“Seringkali saat pertemuan dengan masyarakat, kami mendengar langsung komentar rakyat bahwa Covid-19 ini tidak akan selesai-selesai, karena dananya sudah dikorupsi. Persepsi yang muncul di tengah masyarakat ini menurut hemat kami sangat mempengaruhi perilaku untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah masyarakat,” tambah Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.