Dr. Gusril Kenedi, M. Pd Jabat Wakil Direktur UIN Imam Bonjol.

oleh -

Semangatnews,Lubuklintah-Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc, MA melantik Dr. Gusril Kenedi, M. Pd sebagai Wakil Direktur Pascasarjana (PPS) Perguruan Tinggi Islam menggantikan pejabat sebelumnya Dr. H. Sobhan Lubis, MA pada Rabu siang (26/12/2018) di Gedung Rektorat Lantai II Kampus II Lubuklintah.

Dalam sambutan dan arahannya Epw sapaan akrab rektor tersebut, menyampaikan bahwa pelantikan ini amat sangat penting untuk lebih lancarnya Pascasarjana UIN IB. Dengan diisinya jabatan ini oleh Dede, sapaan akrab Gusril Kenedi PPS akan bergerak semakin cepat dan lincah dalam mengejar ketertinggalan.

“Lengkapi administrasi akademik dan portal akademik, karena PPS mestinya lebih mudah melakukan pendataan,” terang Epw.

Ditambahkan Epw lagi, Segera benahi administrasi, sehingga semuanya bisa berjalan dengan semestinya. Ini merupakan tugas berat yang harus dipikul dan dituntaskan. Secara khusus organisasi kita ini harus ditata secara baik.

“Kita berkewajiban menjaga amanah dan menyampaikan amanah kepada yang berhak serta mengembalikan amanah itu kembali. Saya menitipkan amanah kepada Bapak dan Ibu, karena sebelumnya saya menerima amanah dari Menteri Agama Republik Indonesia,” Imbuh Epw.

Karena tugas ini sangat banyak, saya sudah membaginya untuk merencnakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kepada Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I), Wakil Rektor Bidang Adminiatrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (WR II) dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (WR III). Mereka yang akan menggerakkan organisasi ini. Sehingga bila organisasi ini berprestasi baik, mereka wajar mendapatkan pujian dan sebaliknya bila lembaga ini mendapatkan raport merah.

Lembaga UIN IB tersebut, dikomandani oleh 2 orang Kepala Biro, yaitu Biro Adminiatrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) dan Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK). Ke lima orang inilah yang bertanggung jawab sebagai perpanjangan tangan rektor kata doktor alumni Mesir dan Maroko ini. Di samping itu, ada Direktur PPS, Dekan, Kepala Lembaga dan Unit yang mempunyai tanggung jawab masing-masing beserta seluruh civitas akademika. Akreditasi prodi menjadi tanggung jawab unit2 yang mempunyai teritorial masing-masing.

Dalam arahannya, Epw menyampaikan, Mari kita perbaiki organisasi dan lembaga UIN ini, lebih baik kita merasa miskin tapi tidak miskin. Daripada merasa kaya tapi tidak kaya. Lebih baik kita merasa tidak hebat, tapi hebat. Dari pada merasa hebat tapi tidak hebat.

Dalam kesempatan itu Rektor UIN IB juga melantik Dr. Azharia Chalida sebagai Sekretaris Prodi S.3 Hukum Islam S.2 Hukum Keluarga S.2 Ahwal Al-Syakhsiyah S.2 Ekonomi Islam, dan Hidayat Al-Azmi, M. Pd Sekretaris Prodi S.3 dan S.2 Pendidikan Islam.

Dalam acara pelantikan tersebut hadir WR. I Dra. Hetti Waluati Triana, Ph. D, WR II Dr. Firdaus, Direktur PPS Prof. Dr. Awis Karni, Kepala Biro AUPK Drs. H. Bustari, MM, Kepala Biro AAKK Dra. Kafrina, M. Si, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Ahmad Wira, Ph, D, Dekan Fakultas Syariah Dr. Efrinaldi, Dekan Fakultas Ushuluddin fan Studi Agama-Dr. Widia Fitri, MH, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Dr. Yufni Faisol, Kepala LP2M Dr. Ulfatmi, Kepala LPM Dr. Yasmadi, Kabag Organisasi dan Kepegawaian Mellizarti, SE, MM dan sejumlah pejabat lainnya. (Getri Ardenis).