Drama 16 Pendaki Gunung Merapi Sumbar : Yandri Ditemukan Kondisi Lemah

oleh -

SEMANGAT SUMBAR- Drama pencarian 16 pendaki gunung Merapi Sumbar  berakhir sudah dengan ditemukannya Yandri 15 dalam keadaan selamat. Dengan demikian 16 pendaki asal mahasiswa Pekanbaru dinyatakan selamat

Yandri 15 tahun adalah  pendaki terkhir  yang ditemukan selamat dari erupsi Gunung Marapi .Meskipun kondisi fisiknya melemah dan mengalami terkilir dan luka memar.

Info ditemukan Yandri secara detil disampaikan oleh Senior Mapala Unand Padang, Andry B Tanjung, Selasa 6/6 malam ini, dikutip  dari whatshap group DPP IKA Unand, seperti dilansir  tribun Sumbarcom.

Inilah  kronologi Operasi SAR Marapi 6 juni 2017 :  Yandri, 15 tahun, Survivor terakhir sudah ditemukan dalam keadaan selamat.

Pukul 03.00 WIB Melanjutkan pencarian, korban yang bernama yandri (15 tahun). Hari ini diberangkatkan dua tim SRU untuk menyusuri lokasi diduga keberadaan survivor.

MAPALA UNAND mengutus dua anggotanya untuk bergabung pada tim SRU 1 Anggota yaknk Hafis Putra (MU 253 Fst.) dan M Zikri (MU 273 Ply.).

Selanjutnya akan ada Tim yang bergerak Sebagai pemantau Kondisi Gunung Serta Tim Logistik membawa kebutuhan untuk tim pada pagi harinya.

Tim SRU 1 berjumlah 10 orang akan berangkat hari Selasa pukul 03.00 dini hari, Untuk target operasi Evakuasi (ESAR) yaitu tim 1 akan langsung menuju cek point yang telah diperkirakan serta memplot wilayah kemungkinan terdapat korban

Tim SRU 2 berangkat hari Selasa pukul 07.00 WIB pagi. Tim 2 berfungsi sebagai penunjang logistik untuk tim 1 . Titik start operasi ESAR dari jalur Simabua karena jalur dari kotobaru sulit untuk ditempuh.

Pukul 09.30 WIB tim sampai pada titik koordinat 631.560 Tugu Getra Koda. Saat itu cuaca berkabut, Tim SAR menunggu cuaca cerah kemudian akan melanjutkan operasi ESAR. Dugaan sementara Survivor berada disekitaran Taman Arah Puncak Merpati

Pukul 11.15 WIB , SRU 1 menemukan Survivor Yandri dalam kondisi masih hidup. survivor ditemukan sesuai lokasi yang sudah diperkirakan sebelumnya Kondisi survivor terkilir dan luka-luka ringan, sudah diberi pertolongan obat dan makanan.

12.00 WIB SRU 1 berada ditaman bersama survivor, Tim evakuasi dari bawah berjumlah 16 orang dan sedang menuju kepuncak, evakuasi estafet.

Survivor tersebut dievakuasi lewat jalur Simabua Tanah Datar Jam 16.58 WIB tim sudah mengantar logistik tambahan ke lokasi Survivor

Jam 17.05 wib tim sedang berada di daerah Pandan Vaduri. Jam 18.47 wib Tim Evakuasi masih dalam perjalanan turun menuju pintu rimba Diperkirakan tim evakuasi akan sampai di posko pukul 21.00 WIB