Drs.Syafrizal : Dana BumNag dan Bumdes Jangan Dikantongi Walinagari/Kepdes

oleh -
IMG20190916195519.jpg

Drs.Syafrizal : Dana BumNag dan Bumdes Jangan Dikantongi Walinagari/Kepdes

Semangatnews, Padang- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar Drs H.Syafrizal Ucok menegaskan, jangan ada lagi uang yang diperbantukan bagi BUM Nag atau Bumdes masih mengendap di kantong Walinagari atau Kepala Desa.

“Tolong laporkan, kalau ada Walinagari atau Kepala Desa mengantongi dana bantuan tersebut, baik sejak tahun anggaran 2017 sampai tahun 2019 ini,” ujar Syafrizal saat membuka pelatihan sistem informasi akuntansi-(SIA )bagi pengelola badan usaha milik desa atau nagari bekerjasama dengan BPKP Sumbar, Senin, 16/09 di Basko Hotel Padang.

Bagi yang melapirkan adanya dana bantuan Bumdes dan Bumbag akan kami jamin kerahasiaan pelapor. Jangan takut, tegas Syafrizal,vyang diaminkan Desriabto Boy,SPd,MSi.
Pertumbuhan Bumdes- Bumnag di Sumbar sudah terbentuk sebanyak 723 badan usaha dari 927 nagari/desa.
Adapun klasifikasinya,79 unit tahap persiapan, 258 unit sudah berkembang dan 386 unit sudah mandiri.

Kedepan, sebut Syafrizal, bagaimana Bumdes dan BumNag menjadi pilar kegiatan ekonomi di nagari atau desa. Ia berfungsi lembaga sosial dan komersial. Bumdes sebagai lenbaga sosial sudah semestinya berpihak kepada kepentingan masyarakat lewat kobtribusi penyediaan pelayanan sosial.

Lebih jauh Syafrizal, bahwa kendala besar selama ini secara nasional adalah belum adanya acuan baku tentang sistem keuangan dan pelaporannya.

Untuk itu, kita apresiasi keberadaan BPKP yang mau bersedia mengajarkan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) kepada pengelola Bumnag dan Bumdes.
Dengan pelatihan yang diikuti Sekretaris dan Bendahara Bumdes dan Bumnag dalam rangka memperkuat tata kelola keuangan Bumdes dan Bumnag.

Kepala bidang UEM, SDA dan TTG, Desrianto melaporkan, pelatihan angkatan ke dua ini diikuti 135 peserta yang berasal dari sekeetaris dan bendaharawan Bumnag dan Bumdes.Sedangkan nara sumber Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar Drs Syafrizal Ucok, dari BPKP Perwakilan Sumbar,, PT.Bank Negara Indonesia, wilayah Padang dan Kabid UEM,SDA dan TTG.
Kegiatan ini dianggarkan oleh APBD Sumbar tahun anggaran 2019.