Fakta Baru: Angka 116 & 190 PTUN, Mengonfirmasi Manipulasi Penggugat Masjid

by -

Fakta Baru: Angka 116 & 190 PTUN, Mengonfirmasi Manipulasi Penggugat Masjid

SEMANGATNEWS.COM-Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negra ( PTUN) tidak menerima  gugatan terhadap izin Masjid At Tabayyun, Senin (30/8). Dalam salinan putusan bernomor 76/G/2021/ PTUN 6 Jakarta setebal 210 halaman mengonfirmasi adanya manipulasi data warga diduga dilakukan DR Hartono SH, kuasa hukum atas nama 10 Ketua RT Taman Villa Meruya. Lihat angka 116 & 190 dalam list  warga yang menggugat itu.Angka 116 atas nama Andi Muchainin M,
warga RT 001/RW 010  dan angka 190 atas nama Ir. Budiharto, warga RT 005/RW 010 TVM.  Yang memanipulasi data Ir Budiharto diduga Ketua RTnya sendiri, Hendro Hananto Putro. Sedangkan yang ” mengerjai ” Andi Muchainin diduga Ketua RT 001 Andi Widijanto K.

Banyak warga yang yakin, pelibatan beberapa warga sebagai penggugat dilakukan dengan modus operandi yang sama. Warga hanya diminta voting– memilih satu dari dari dua lokasi yang jadi opsi, lalu “disunglap” menjadi gugatan hukum.

// Laporan Polisi //

Rahmatullah, kuasa hukum Panitia Masjid At Tabayyun telah melaporkan perbuatan melawan hukum itu kepada pihak yang berwajib. Laporan Polisinya bernomor LP/B/4.058/VIII/2021/ SPKT/ Polda Metro Jaya 20 Agustus 2021 –mengadukan dugaan  Hartono SH dan kawan-kawan melanggar Pasal 263 KUHP Tindak Pidana Pemalsuan Surat yang ancaman hukumannya 6 (enam) tahun. 

Perbuatan itu terungkap pada 16 Agustus lalu pada sidang ke-5  gugatan terhadap izin pembangunan masjid At Tabayyun di Taman  Vila Meruya (TVM), Jakarta Barat yang diterbitkan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan bernomor 1021/2020 tanggal 9 Oktober 2020. Dalam sidang  itu terungkap fakta mengejutkan. Dua orang warga TVM –Budiharto dan Andi — tidak pernah memberi kuasa kepada Para Penggugat dalam hal ini Hartono SH. Ketua Majelis Hakim DR Andi Ali Rahman yang mengetahui itu, berjanji akan menindaklanjuti temuan tersebut.

” Silahkan saja kalau mau  dibawa ke ranah hukum ,” kata  Hartono SH,  Kuasa hukum penggugat  Masjid At Tabayyun di Taman Villa Meruya, Jakarta Barat. Pernyataan itu disampaikan pada 19 Agustus seusai mengikuti persidangan di PTUN.

// Tidak ketemu warga penggugat//

Hartono mengakui memang tidak pernah bertemu langsung dengan dua warga tersebut. Data yang ada dipasok dari ketua RT mereka. Karena sudah ada datanya, ia berani maju menjadi kuasa hukum, kata Hartono.
Menurut pria yang sudah 27 tahun berpraktik sebagai pengacara itu,  dirinya memang tidak sempat mengecek satu per satu. Baru tahu ada data dua orang yang bermasalah saat di persidangan.

Hartono sendiri sudah menghubungi ketua RT. Informasi dari ketua RT, dua orang itu sempat mendukung gugatan, tapi dicabut setelah shalat Id.
” Silahkan saja kalau mau dibawa ke ranah pidana. Saya siap dilaporkan. Saya tunggu. Saya nggak punya salah. Kalau orang hukum nggak pernah takut. Orang saya kerja berdasar koridor. Kecuali saya membujuk.

Dari 292 warga, yang bermasalah dua orang, itupun harus dibuktikan. Naif kalau dari 292  orang saya manipulasi 2 orang,” tukas Hartono. Dalam materi gugatannya di PTUN, Hartono mengklaim didukung 292 warga atau 96 % warga TVM. Menurut data di kelurahan, komplek TVM yang seluas 29 ha didiami 527 KK (data berdasar pembayaran iuran) atau sekitar lk 2000 warga.

Hartono  menerangkan, saat pengurus RT datang, ia  memberi tahu syarat agar dirinya bisa jadi kuasa hukum. Setelah data lengkap, kemudian tanda tangan. Ia mengaku tidak tahu proses mendapatkan data tersebut. “Kalau dia bilang cuma dikasih formulir untuk memilih blok C1 atau blok D2 saya nggak tahu. Karena saya tahunya dari pengurus RT yang datang ke saya,” tambah Hartono lagi. Ketua RT 005/RW 010 Hendro Hananto yang juga turut hadir di PTUN ketika ditanya, ia menunjuk Hartono sebagai kuasa hukumnya untuk berbicara mewakilinya.

Ketua RT 002/RW 010, H Ending Ridwan berharap permasalahan di TVM
segera selesai ” Kasihan warga yang tidak tahu menahu, dan itu mayoritas jumlahnya,” kata cucu pendiri Pesantren Cipasung yang sudah 23 tahun tinggal di TVM.

” Ya, saya juga berharap demikian. Ini ranah hukum pidana. Biarlah berproses sesuai prinsip hukum. Tangan mencincang bahu memikul.  Hanya yang berbuat kena hukum. Betul, tidak banyak. Kayaknya cuma sekitar 3 orang yang ada jejak digitalnya jadi otak dan penggerak dugaan manipulasi itu. Yang lain ada yang sudah kami catat melakukan aksi memprovokasi warga dan yang mengucapkan ujaran kebencian. Kita tunggu dan kawal saja proses hukum itu. Ini saatnya menagih ke Indonesiaan mereka, ” kata Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabayyun, H Marah Sakti Siregar, Rabu (1/9) pagi.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.