Fauzi Bahar ; Gembira dan Sedih dengan Pindahnya Irjen Pol TMP Tuanku Bandaro Alam Sati sebagai Kapolda Jatim

oleh -

Selamat Datang Irjen Pol Drs. Rusdi Hartono, M.Si di Ranahminang

SEMANGATNEWS.COM-Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati menyampaikan selamat bertugas sebagai Kapolda Jatim yang baru kepada Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH.MH., SIK Tuanku Bandaro Alam Sati, yang mendapat amanah dari Kapolri terhitung Senin (10/10/2022).

“Perasaan saya antara gembira dan sedih. Gembira karena dunsanak kita TMP Tuanku Bandaro Alam Sati mendapatkan penugasan baru sebagai Kapolda Jawa Timur. Sedangkan saya sedih karena terlalu cepat berpisah, padahal Ninik Mamak LKAAM Sumbar sedang senang-senangnya dengan Pak Kapolda Teddy Minahasa Putra,” kata Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati dari Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Menurut Fauzi Bahar, kedekatan Keluarga Besar LKAAM Sumbar dengan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra telah terjalin sejak awal bertugas di Sumatera Barat pada Agustus 2021 lalu. Pada saat itu Indonesia, termasuk Ranah Minang, sedang dilanda pandemi Covid-19 yang sangat tinggi. Akibatnya banyak korban sakit hingga ada yang meninggal dunia.

Di tengah perdebatan pro kontra terhadap vaksin, Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Putra tampil menggerakkan Sumdarsin (Sumbar Sadar Vaksin). Seluruh jajaran kepolisian, mulai tingkat Polda, Polres, Polsek hingga Babin Kamtibmas bekerja siang malam mendorong dan memotivasi masyarakat Ranah Minang untuk mengikuti vaksinasi pertama, vaksinasi kedua, hingga booster.

“Alhamdulillah kerja keras Irjen Pol Teddy Minahasa Putra membuahkan hasil. Dari tingkat vaksinasi Sumbar yang berada di bawah 50 persen, secara mengejutkan terdongkrak naik bahkan akhirnya tingkat vaksinasi mencapai 86 persen dan lima besar nasional. Maka makin naik imun masyarakat Sumbar dan terselamatkan raga dan nyawa anak kemenakan dari Ninik Mamak,” kata Ketum LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, yang juga mantan Wali Kota Padang dua periode, 2005-2015.

Kemudian, selepas pandemi Covid-19, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra makin intim dengan LKAAM, dimana ditandatangani MoU tentang penerapan Restorative Justice atau penyelesaian perkara diluar jalur hukum pengadilan, yang memberi peran kepada Ninik Mamak terhadap anak kemenakannya. MoU itu ditandatangani pada Raker LKAAM Sumbar tanggal 27 Februari 2022 di Batusangkar, Tanah Datar.

“Atas peran dan jasa yang begitu besar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra kepada masyarakat Sumbar, LKAAM dan Ninik Mamak, maka Tampuak Tangkai Minangkabau Nagari Pariangan memberikan gelar adat kehormatan Tuanku Bandaro Alam Sati kepada Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dan gelar Puti Sibadayu Alam kepada Merthy Kushandayani Teddy. LKAAM Sumbar telah menggelar Alek Gadang pada penyerahan gelar itu tanggal 1 Juli 2022 di Rumah Gadang Tampuak Tangkai. Selamat bertugas Tuanku Bandaro Alam Sati di tempat yang baru, dan jangan lupakan Ranah Minang,” ujar Ketum LKAAM Fauzi Bahar yang didampingi Sekum LKAAM Sumbar Drs. Jasman, MM Datuak Bandaro Bendang.

Ucapan selamat datang di Ranah Minang disampaikan oleh Ketum LKAAM Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati kepada Irjen Pol Drs. Rusdi Hartono, M.Si yang ditugaskan Kapolri menjadi Kapolda Sumbar terhitung tanggal 10 Oktober 2022 sesuai dengan ST/2134/X/KEP/2022.

“Selamat datang Irjen Rusdi, mari kita lanjutkan kemitraan Polda Sumbar dengan LKAAM Sumbar yang sudah terjalin dengan baik ini untuk kedepannya. Kemitraan Polda Sumbar dan LKAAM ini semata-mata untuk kebaikan Ranah Minang dan anak kemenakan dari Ninik Mamak se-Sumatera Barat,” kata Fauzi Bahar lagi.

Irjen Pol Rusdi Hartono sebelumnya bertugas di Sumbar adalah Widya Iswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Lulusan Akpol 1991 ini adalah rekan seangkatan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan pernah menjabat Karopenmas Divhumas Polri.**

Rusdi Hartono yang lahir 27 April 1969 sebelumnya pernah bertugas sebagai Kapolres Garut, Kapolres Cimahi (2009), Wadir Lantas Polda Riau (2010), Dirlantas Polda Kepri (2011), Dirlantas Polda Jabar (2013), Analis Kebijakan Madya Bidang Regident Korlantas Polri (2014), Kapolrestabes Makassar Polda Sulsel (2015), Kabagkuhjar Dikbangpes Rokulum Lemdikpol Polri (2016), Kabaganev Robinops Sops Polri (2020) dan masih tahun 2020 menjadi Karobinops Sops Mabes Polri. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.