Fenomena Air Laut Menghijau Teluk Kabung Masih Tunggu Hasil Labor

oleh -

Fenomena Air Laut Menghijau Teluk Kabung Masih Tunggu Hasil Labor

Semangatnews, Padang – Fenomena alam di teluk kabung kecamatan Bungus yang menghijau, yang saat ini cukup meresahkan masyarakat sekitarnya.

Semangatnews mencoba menanyakan ke kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Barat, lewat whastaap Ir. Siti Aisyah, MSi menyampaikan, kita juga sdh ambil sampel tapi belum bisa pastikan soal ganggang hijau (phytoplankton) karena belum ada hasil yang memastikan.

Baca Juga:  DK PWI PUSAT AKAN TINDAK ORGANISASI DAN ANGGOTA PWI TERBUKTI MINTA THR

“Karena juga biasanya warna air laut kadang juga ditentukan oleh jenis plantonnya”, ujarnya, Selasa (24/12/2019).

Ketika didesak Kadis DLH Sumbar ini, tidak mau memberikan hasil pengamatan yang belum pasti.

“Dilihat dulu hasil labornya dulu ya, kalau alga dampaknya tidak ada ke manusia tapi, jika terlalu banyak bisa menyebabkan intrusi oksigen dan cahaya matahari terhambat sehingga fotosintesis di air terhambat. Dan ini bisa saja membuat ikan – ikan dan mahluk hidup air bisa kekurangan oksigen, bisa mati”, ungkapnya.

Baca Juga:  Inilah Kronologis Pelarian 8 Narapidana di Rutan Muara Labuh

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yosmeri katakan, ini hanya fenomena alam semata jangan terlalu kawatir. Tapi memang kita masih tunggu hasil pemeriksaan dari labor.

“Mudah-mudahan ini hanya fenomena alam yang biasanya dalam waktu dua minggu ini, jika cuaca normal, air laut ini akan kembali baik lagi”, ujarnya.