Festival Kopi HUT Pasbar dibanjiri Pengunjung.

by -

Semangatnews,Pasbar-Wakil Bupati (Wabup) Pasbar H. Yulianto SH, dengan antusias membuka Festival kopi dengan tajuk Talamau Mountain Coffe ,yang di helat di samping Halaman kantor Bupati Pasbar, Senin (7/1/2019).

Kegiatan yang di banjiri pengunjung yang mayoritas pecinta kopi ini Masih dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Pasaman Barat yang ke-15 tahun 2019.

Yulianto menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan di Pasbar. Festival kopi ini terselenggara atas kolaborasi antara Pemerintah Daerah Pasbar dan Asosiasi Petani Kopi Pasaman Barat.

“Festival kopi ini menghadirkan berbagai varian kopi dan produk hasil kopi dari seluruh wilayah kabupaten kota se Sumatera Barat yang di wakili oleh petani/perkebunan/pengusaha kopi dari masing-masing daerah,tak ketinggalan tentunya produk hasil olahan asli kopi pasbar,” Ujar Yulianto.

Lebih lanjut dikatakan,Saat ini Pasbar memiliki lahan perkebunan kopi robusta dan kopi arabika seluas lebih kurang 1.200 Ha dengan produksi mencapai 450 ton setahun dengan rata-rata produktivitas lebih kurang 800 kg/Ha.

“Diharapkan petani dapat meningkatkan serta melakukan perluasan areal dimana tanah kita bagus dan berpotensi untuk di kembangkan lagi menjadi areal perkebunan kopi,” tutur Yulianto

Kopi-kopi yang di iven kan ini ada yang berasal dari central kopi, solok selatan, tanah datar, sawahlunto maupun kopi lokal kita dari Talamau. Dengan mengukuti iven ini diharapkan bisa menjadi ajang mendapatkan informasi, mengembangkan gagasan dan mempromosikan produk kopi yang ada.

“Bisa dipasarkan ke seluruh penjuru dunia, semoga di Sumatera Barat ini komoditi kopinya menjadi lebih baik mutu dan kualitasnya,” Harapnya.(hasby tan mudo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.