Gaji PNS Naik 9 Juta Diundur, Berikut Fakta Terbarunya

oleh -
Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

SEMANGATNEWS.COM – Rencana kenaikan gaji oleh pemerintah ditunda akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sempat menyampaikan bahwa tahun 2021 pemerintah akan menaikan gaji melalui tunjangan minimal Rp. 9 juta sampai Rp. 10 juta.

Dirangkum dari berbagai sumber, Berikut beberapa fakta terbaru tentang kenaikan gaji PNS 2021, Sabtu (02/01/2021).

Baca Juga:  Kasat Pol PP Sumbar Dedy Diantolani: Januari- April 2021 Terdapat 33437 Pelanggar Perda AKB

Kemenkeu Tak Punya Rencana Naikkan Gaji PNS Jadi Rp9 Juta

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari menjelaskan bahwa menurut Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021 dan kebijakan fiskalnya sudah diundangkan dalam Undang-Undang Nomor 9 tahun 2020 mengenai gaji ASN.

“Dalam UU tersebut dinyatakan bahwa Pemerintah masih fokus pada penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, dan tidak ada rencana untuk menaikkan gaji PNS,” jelasnya.

Baca Juga:  Kapolres Rizal Marito: Beberapa Kali Diberikan Himbauan, Tetapi Tidak Ditanggapi

Kenaikan Gaji PNS Tergantung Pada Anggaran Negara

Tjahjo menjelaskan bahwa terkait kenaikan tukin ini memang diusulkan KemenPANRB kepada Kemenkeu berdasarkan penilaian akuntabilitas kinerja di kementerian/lembaga.

Namun, menurutnya bisa atau tidaknya kenaikan tukin memang bergantung pada ketersediaan anggaran. Dia berharap covid segera berakhit sehingga kesejahteraan ASN bisa ditingkatkan.

Gaji PNS Minimal Rp9 Juta ditunda

Baca Juga:  Pimpinan Komisi A & B DPRD DKI Dukung Pembangunan Mesjid At-Tabayyun di TVM karena Sudah Ada Izin

“Tiap bulan bisa mencapai minimal rata-rata Rp9 juta yang meliputi gaji pokok, tunjangan kinerja dan pemdapatan lain seperti penugasan lain dan tugas ke daerah misalnya. Ini pasti ada tiap bulan, tergantung jabatan atau kepangkatan misal eselon I, II atau pejabat fungsional,” kata Tjahjo.