Gerhana Bulan Total Bertepatan Pada Hari Raya Waisak, Berikut Daftar Wilayah GBT di Indonesia

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Gerhana Bulan total 26 Mei 2021 sangat dinantikan oleh masyarakat, apalagi fenomena alam tersebut dapat disaksikan langsung dengan mata telanjang tanpa bantuan optik sehingga memberikan kesan tersendiri bagi yang menyaksikannya.

Gerhana bulan total terjadi ketika bulan dan matahari berada di sisi berlawanan dari bumi. Meski permukaan bulan tertutup oleh bumi, sebagian sinar matahari tetap bisa menyentuh permukaan bulan.

Baca Juga:  Perayaan HUT RI ke-76: Pembentukan Panitia Pelaksana Perayaan HUT RI ke-76 Tahun 2021

Apakah anda juga temasuk orang yang menantikan Gerhana Bulan total 26 Mei 2021 ?

Fase gerhana bulan kali ini cukup singkat durasinya, yaitu 14 menit 30 detik.

Yang menjadi keistimewaannya lagi, gerhana Bulan total 26 Mei 2021 bertepatan dengan detik-detik Waisak, yakni pada 15 Suklapaksa (Paroterang) Waisaka 2565 Era Buddha.

Baca juga: 23 Twibbon Waisak 2021, Bingkai Foto Ucapan Selamat Hari Raya Waisak 2565 BE di Twibbonize.com

Baca Juga:  Inilah Resiko Bagi Pengguna Aplikasi Hack Akun FF "Hacker Dark Vip Mod Apk"

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan hampir semua negara akan bisa menyaksikan fenomena ini jika cuaca cerah.

Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oseania, dan sebagian besar benua Amerika kecuali Kanada bagian timur, Kepulauan Virgin, sampai Trinidad-Tobago, Brasil bagian timur, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis, adalah wilayah-wilayah yang akan bisa menyaksikan gerhana Bulan ini.

Baca Juga:  Dubes Arab Saudi Siap akan Resmikan Mushola Journalist Boarding School

“Pada dasarnya detik-detik Waisak terjadi ketika purnama Waisak atau disebut juga Waisaka Purnima, yang selalu jatuh pada tanggal 15 Suklapaksa di bulan Waisaka,” sebut Lapan.

No More Posts Available.

No more pages to load.