Hari Ini, Gerhana Matahari Cicin: Kamis 10 Juni 2021, Wilayah yang Bisa Melihat GMC

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Gerhana Matahari Cincin (GMC) atau disebut juga Solar Eclipse, adalah salah satu fenomona langka untuk disaksikan secara langsung.

Beberapa wilayah dapat menyaksikan fenomena alam ini secara langsung.

Namun, tentunya fenomena gerhana matahari juga tidak dapat disaksikan di sebagian wilayah.

Adu dua fenomena langit yang menyambangi bumi dalam waktu dekat adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan fase bulan baru.

Baca Juga:  Bupati Tanah Datar Eka Putra : Usulan Harus Menyesuaikan Program Pusat

Peristiwa ini akan terjadi pada tanggal 10 Juni 2021 di beberapa wilayah meliputi belahan bumi bagian Utara, terutama kawasan lingkar kutub.

Artinya, untuk wilayah Indonesia tidak dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021. Lalu, seperti apa proses berlangsungnya GMC ini?

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin

 

Proses terjadinya GMC,
ilustrasi: dosenpendidikan.com

Gerhana matahari memiliki 3 jenis yaitu total, parsial dan cincin. Fenomena GMC terjadi pada saat bulan menghalangi sinar matahari dan bayangannya berada di atas bumi.

Baca Juga:  Masyarakat Dihimbau Ramah Kepada Wisatawan di Kawasan SRG.

Bulan tidak sepenuhnya mengaburkan matahari karena letak bulan lebih jauh dari biasanya. Akibatnya, matahari tidak mengalami gerhana total, namun meninggalkan ‘cincin api’ di tepinya.

GMC ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Gerhana ini terjadi bersamaan dengan fase bulan baru tepatnya 10 Juni 2021 dengan jarak 404,245 km dari bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Taurus.