Hari Ini, Gerhana Matahari Cicin: Kamis 10 Juni 2021, Wilayah yang Bisa Melihat GMC

by -

SEMANGATNEWS.COM – Gerhana Matahari Cincin (GMC) atau disebut juga Solar Eclipse, adalah salah satu fenomona langka untuk disaksikan secara langsung.

Beberapa wilayah dapat menyaksikan fenomena alam ini secara langsung.

Namun, tentunya fenomena gerhana matahari juga tidak dapat disaksikan di sebagian wilayah.

Adu dua fenomena langit yang menyambangi bumi dalam waktu dekat adalah Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan fase bulan baru.

Peristiwa ini akan terjadi pada tanggal 10 Juni 2021 di beberapa wilayah meliputi belahan bumi bagian Utara, terutama kawasan lingkar kutub.

Artinya, untuk wilayah Indonesia tidak dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021. Lalu, seperti apa proses berlangsungnya GMC ini?

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin

 

Proses terjadinya GMC,
ilustrasi: dosenpendidikan.com

Gerhana matahari memiliki 3 jenis yaitu total, parsial dan cincin. Fenomena GMC terjadi pada saat bulan menghalangi sinar matahari dan bayangannya berada di atas bumi.

Bulan tidak sepenuhnya mengaburkan matahari karena letak bulan lebih jauh dari biasanya. Akibatnya, matahari tidak mengalami gerhana total, namun meninggalkan ‘cincin api’ di tepinya.

GMC ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Gerhana ini terjadi bersamaan dengan fase bulan baru tepatnya 10 Juni 2021 dengan jarak 404,245 km dari bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Taurus.

Jika disesuaikan dengan waktu Indonesia bagian barat misalnya, dimulai pukul 15.21.20 WIB hingga 20.11.19. Kenampakan fase Puncak atau maksimumnya terjadi pada pukul 17.43.05 WIB. Kemudian fenomena tahap tengah atau ‘cincin api’ berlangsung selama maksimal 3 menit 51 detik.

Bulan membentuk konjungsi dengan matahari dan juga Merkurius, sehingga dapat disebut juga dengan konjungsi tripel bulan – merkurius – matahari. meskipun hal ini tidak dapat diamati secara kasat mata karena kecerlangannya yang rendah.

Lokasi yang Dapat Menyaksikan GMC

Badan Antariksa AS, NASA mengatakan fenomena tersebut bisa terlihat di Kanada, Greenland dan Rusia. Di Kanada, Gerhana Matahari bisa terlihat selama tiga menit sedangkan saat puncak di Greenland dapat melihat fenomena itu.

Setelah itu, Gerhana Matahari bisa terlihat di wilayah Siberia dan Kutub Utara.

Wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat dapat menyaksikan GMC.

Sementara itu, sebagian besar wilayah di Eropa, Rusia, Asia Tengah, dan Asia Timur hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian pada puncak gerhana.

Baca juga: Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin

Waktu Terjadinya GMC

Berdasarkan laman timeanddate, terdapat sejumlah fase Gerhana Matahari besok. Ada lokasi pertama yang bisa melihat Gerhana sebagian pada 8:12:20 UTC atau 15:12:20 WIB.

Setelah itu adalah fase lokasi pertama Gerhana Penuh pada 9:49: 50 UTC atau 16:49:50 WIB. Lalu ada Gerhana Maksimum pada 10:41:54 UTC atau 17:41:54 WIB.

Lokasi terakhir Gerhana Penuh pukul 11:33;43 UTC atau 18:33:43 WIB. Terakhir adalah lokasi terakhir melihat Gerhana Sebagian pukul 13:11:19 UTC atau 20:11:19 WIB.

Pernyataan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Nah, menurut laman LAPAN, fenomena gerhana matahari cincin 10 Juni 2021 tidak dapat disaksikan di wilayah Indonesia.

Hal ini karena bayangan penumbra bulan yang jatuh di permukaan bumi tidak melintasi Indonesia. Sehingga bulan tidak akan menutupi matahari.

Dilansir dari kompas.com, bagi yang ingin melihat proses terjadinya GMC, salah satunya yakni melalui siaran langsung yang biasanya diadakan oleh badan atau lembaga terkait.

Di Indonesia sendiri, lembaga yang kerap menayangkan siaran langsung proses gerhana adalah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Hanya saja, untuk GMC 10 Juni 2021, Lapan tidak menyelenggarakan siaran langsungnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.