Gubernur Mahyeldi Bangga BPTSD Tuah Sakato Payakumbuh Bisa Hasilkan 57.500 Straw

oleh -
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah memperlihatkan hasil BIB Tuah Sakato Payakumbuh, Kamis (4/3/2021)

SEMANGATNEWS.COM – Menurut data dari Balai Induk Benih (BIB) Tuah Sakato Payakumbuh kalkulasi bibit yang sudah menghasilkan bernilai diperkirakan 400 juta pertahun, pemerintah Sumbar dapat sebagai  Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada proyek pembibitan sapi unggul ini.

Ungkap Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah disela-sela peninjauan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengembangan Teknologi dan Sumber Daya (BPTSD) Tuah Sakato sebagai (BIB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, di Payakumbuh, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga:  Penganiayaan Jurnalis Tempo Melanggar Hukum dan Prinsip Kebebasan Pers

Hadir dalam mendampingi kunjungan Gubernur Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Benni Warlis, disamping itu juga ikut oleh Kadis Pertenakan dan Kesehatan Hewan Drh. Erinaldi , MM, Kadis Perikanan dan Kelautan, Kadis Pertanian, Kadis Pendidikan, Kadis Perdagangan, Kepala Biro Kerjasama dan Rantau, Kadis Pariwisata Sumbar.

Gubernur Mahyeldi bersama rombongan dalam kesempatan ini diajak berkeliling melihat aktivitas meninjau sejumlah fasilitas peternakan serta teknologi yang digunakan untuk menghasilkan industri bibit sapi unggulan di BIB Tuah Sakato yang luas lahannya 7 hektar.

Baca Juga:  Emma Yohana Minta Pemerintah Bangun Fly over Solok Selatan-Dharmasraya

“Saat ini Sumatera Barat sudah memiliki performa untuk menghasilkan sperma terbaik. Bahkan kita berencana sperma yang dihasilkan melalui industri tersebut dibagikan kepada peternak sapi di seluruh sentra sapi di Indonesia. Dan yang kita lihat disini adalah proses bagaimana cara menghasilkan bibit sapi dengan kualitas terbaik,” kata Mahyeldi.

Selain berkeliling, Gubernur Mahyeldi beserta rombongan juga diajak melihat 39 ekor penjantan dari berbagai jenis, melihat proses pengambilan sperma sapi, hingga pengemasan benih sapi di dalam straw.